Heboh Isu Childfree Gitasav, Begini Tanggapan Wapres Ma'aruf Amin.

Selasa 14-02-2023,11:05 WIB
Reporter : Vania Putri Wikitasari
Editor : Salman Muhiddin

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Influencer Gita Savitri menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Perempuan 30 tahun itu membagikan  resep awet muda yang dianggap kontroversial: childfree.

 

Apa itu childfree ? Dan mengapa dianggap bertentangan dengan standar di Indonesia? 

 

Menurut Cambridge Dictionary, childfree adalah istilah yang mengacu pada pilihan orang yang tidak ingin punya anak. Hal ini berbeda dengan keadaan tanpa anak, yaitu mereka yang ingin mempunyai anak tetapi tidak jadi karena berbagai alasan. Jadi keputusan tanpa anak adalah kehendak yang menguasai atau tidak. 

 

Population Media Center menjelaskan bahwa keputusan bebas anak seringkali dianggap bertentangan dengan norma peradaban pro-natalis. Hampir setiap orang di bumi telah memeluk pengendalian kelahiran dan menerima bahwa memiliki anak dan mengasuh anak adalah salah satu bentuk kesuksesan manusia. 

 

Ada yang setuju, bahkan ada yang terang-terangan menentangnya.


Gitasav yang bikin pernyataan childfree bikin awet muda.  -Instagram/ @gitasav-Instagram/ @gitasav

 

Wakil Presiden Ma'aruf Amin buka suara. Menurutnya,  tujuan sepasang suami istri memutuskan menikah adalah untuk mempunyai anak. Sehingga pasangan manusia bisa berkembangbiak. 

 

“Jadi pernikahan itu kan memang dimaksudkan untuk mengembangbiakan manusia melalui perkawinan untuk supaya manusia berkembang dan terus bisa mengelola bumi ini sampai ke batas waktu terakhirnya sampai kiamat,” kata wapres.

 

“Nah, kalau nanti dia tidak punya anak, lantas dunia ini terus siapa yang melanjutkan. Jadi enggak ada. Enggak ada yang jadi wartawan, enggak ada, karena enggak ada keturunan,” kelakar tokoh Nahdlatul Ulama itu.

 

Ketika ditanyasoal  stunting, Kiai Maruf mengatakan bahwa konsep childfree tidak ada kaitannya dengan hal itu.

 

“Dalam program penanggulangan stunting, tidak ada program itu (tidak punya anak) ya,” tegasnya.

(Vania Putri Wikitasari)

Kategori :