Terasa Lebih Lapang, Cara Hidup Minimalis

Selasa 28-02-2023,11:47 WIB
Reporter : Dara Nabila Salsabyla
Editor : Salman Muhiddin

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Tidak sedikit orang yang merasa bingung dengan konsep minimalis. Selain itu, ada juga kekhawatiran terlalu irit hingga berujung pelit atau bahkan ketakutan akan kekurangan. Memangnya seperti apa konsep hidup minimalis itu?

 

Dilansir dari becomingminimalist.com, hidup minimalis adalah konsep hidup yang menuntun diri untuk sengaja menyimpan barang atau hal esensial saja. Oleh karena itu, konsep ini juga mendorong seseorang untuk mengeliminasi barang yang memang tidak diperlukan.

 

Pada praktiknya, konsep minimalis tidak harus dimulai dengan pembuangan total semua kepemilikan nonesensial. Seorang minimalis masih diperbolehkan memiliki dua gawai, dua motor, dan berbagai kepemilikan ganda lainnya. Orientasi minimalisme adalah fungsi. Jika memang dua gawai berfungsi untuk menunjang jalannya hidup, hal ini tetaplah esensial.

 

Singkatnya konsep ini mengutamakan hal esensial dan hal esensial tidak harus tunggal. Lalu bagaimana cara memulai hidup minimalis?

 

Decluttering

 

Secara harfiah, decluttering berarti kegiatan merapikan sesuatu. Dalam konsep minimalis, decluttering adalah bentuk usaha atau upaya untuk mengeliminasi barang-barang yang sudah tidak diperlukan. Kegiatan ini memang dieratkan dengan kegiatan membersihkan rumah atau ruangan tertentu.

 

Untuk mengawalinya, buatlah daftar barang esensial yang memang diperlukan. Sebagai contoh saat decluttering lemari, buatlah daftar perkiraan pakaian yang diperlukan untuk berbagai kondisi baik kasual dan formal. Setelah itu sediakan 3 kategori kotak pakaian, yaitu keep, maybe, dan eliminated .

 

Masukkan pakaian esensial pada kotak keep yang artinya akan tetap disimpan. Jika ada pakaian lama yang sudah tidak terpakai, letakkan pada kategori eliminated . Untuk pakaian yang jarang dibutuhkan atau mungkin akan tetap dibutuhkan, kategori maybe adalah tempatnya.

 

Tidak hanya ruang fisik, decluttering dapat dilakukan dalam ruang penyimpanan digital. Menghapus dokumen, foto, dan video yang tidak perlu juga dapat meningkatkan nilai hidup minimalis.

 

Lakukan decluttering secara berkala agar barang esensial tetap terjaga.

 

Limiting

 

Memiliki arti membatasi. Limiting adalah usaha membatasi diri dari konsumsi berlebihan. Biasanya kegiatan ini dilakukan saat hendak berbelanja. Konsep hidup minimalis mengutamakan pembelian esensial saja.

 

Sebagai contoh, tidak membeli gawai karena popularitas dan tetap menggunakan gawai yang ada karena masih fungsional. Menerapkan kebiasaan limiting memang tidak mudah. Gunakan sistem budgeting esensial yang jelas agar terhindar dari pemborosan keuangan.

 

Penerapan konsep hidup minimalis juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Sudah banyak penelitian yang menemukan korelasi signifikan antara suasana hati dan kerapian rumah. Semakin rapi kondisi rumah, semakin baik pula suasana hati seseorang. Berminat untuk mencoba hidup minimalis? (Dara Nabila Salsabyla)

Kategori :

Terkait