Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Pergelaran Angklung Terbesar

Minggu 06-08-2023,15:00 WIB
Reporter : Doan Widhiandono
Editor : Doan Widhiandono

HARIAN DISWAY – Indonesia mencatat sejarah. Negeri ini berhasil memecahkan rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar. Jumlah pemain yang terlibat mencapai 15.110 peserta. Mereka beraksi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

 

Rekor ini secara resmi dicatat oleh Guinness World Records (GWR) dan diikuti oleh 15.110 peserta. "Saya dapat memastikan bahwa dengan 15.110 peserta, Indonesia telah mencapai pemecahan rekor," ujar penilai resmi GWR, Sonia Usirogochi.

 

Sebelumnya, rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar telah dibuat di Monumen Washington, Washington D.C., Amerika Serikat. Kala itu, ada 5.182 peserta yang terlibat pada 9 Juli 2011.

 

BACA JUGA : Hari Santri, Shalawat Badar Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

 

Sonia menambahkan bahwa Indonesia memiliki 124 Guinness World Record per Juli 2023. Dan di Jakarta sendiri ada 13 rekor.

 

Pada kesempatan tersebut, sertifikat rekor dunia diserahkan kepada Tri Suswati Tito Karnavian, Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dan ketua panitia pergelaran. Sertifikat juga diberikan kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi).

 


Ibu Negara Iriana Joko Widodo ikut memainkan angklung, Sabtu, 5 Agustus 2023.-Sekretariat Presiden RI-

 

Dalam pergelaran angklung terbesar tersebut, para pemain melantunkan dua lagu. yakni. Lagu nasional Berkibarlah Benderaku. dan Wind of Change yang dipopulerkan grup musik asal Jerman, Scorpions. Seluruh peserta dipandu oleh Saung Angklung Udjo.

 

Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga hadir dalam acara ini.

 

Tri Tito Karnavian menyampaikan bahwa upaya pemecahan rekor dunia itu merupakan persembahan ulang tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023. Acara tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap budaya Indonesia yang direpresentasikan melalui pergelaran angklung terbesar di dunia.

 


Peserta pemecahan rekor konser angklung duduk rapi sambil mendengarkan arahan dari Saung Angklung Udjo, Sabtu, 5 Agustus 2023.-Sekretariat Presiden RI-

 

Angklung adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat. Telah terdaftar dan diakui UNESCO sebagai warisan budaya nonbenda sejak 2010. Upaya pemecahan rekor tersebut diharapkan dapat membuat angklung semakin dicintai oleh generasi muda. Juga lebih bergaung. Tidak hanya di Jawa Barat dan Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

 

Dengan pemecahan rekor tersebut, angklung semakin menjadi bagian dari seni musik dan menjadi kebanggaan Indonesia yang bergema di dunia internasional. (Doan Widhiandono)

Kategori :