Arist Pejuang Hak Anak Tutup Usia

Sabtu 26-08-2023,23:46 WIB
Reporter : Michael Fredy Yacob
Editor : Tomy Gutomo

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait tutup usia. .Ia menghembuskan napas terakhirnya di RS Polri Said Sukanto, Jakarta, pukul 08.30, Sabtu, 26 Agustus 2023. Di usianya ke 63 tahun.

Dalam unggahan itu, jenazah aktivis anak ini akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Porsea, Toba, Sumatera Utara.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Arist Merdeka Sirait. 

“Kami sangat berduka mendapat informasi Bang Arist Merdeka Sirait telah wafat,” kata Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA Nahar di Jakarta.

BACA JUGA: Tiga Mahasiswa Malaysia Kembali ke Negaranya setelah Selesaikan Kegiatan Inbound di Universitas Airlangga

Baginya, Arist merupakan tokoh pelindung anak sejati. Hingga akhir hayatnya, pria berambut putih itu terus memperjuangkan hak anak. Serta memberikan perlindungan terhadap anak. Khususnya bagi mereka yang tersandung dengan hukum.

Perjalanan hidup pria kelahiran Bah Butong, Sumatera utara ini pun telah banyak menginspirasi lahirnya pejuang dan pelindung anak di Indonesia. “Semoga amal kebaikannya diterima Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin,” kata Nahar.

Arist menjabat ketua Komnas PA menggantikan Seto Mulyadi pada 2010 silam. Sebelumnya, ia menjabat sebagai sekretaris Jenderal Komnas PA selama 12 tahun sejak 1998.

BACA JUGA: Dekatkan Diri dengan Anak Muda, Poco Gandeng Brand-Brand Kekinian

Pria kelahiran 11 Juni 1960 ini sangat getol memperjuangkan kasus anak. Salah satu kasus anak yang pernah ia suarakan sampai di pengadilan adalah pelecehan seksual yang terjadi di Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) di 2022 lalu.

Selain itu, ia juga pernah menangani kisruh perebutan anak yang melibatkan selebriti tanah air. Misalnya saja di November 2007 antara Ahmad Dhani dan Maia Estianty. Arist menyelesaikan kasus perebutan anak antara keduanya.

Lalu pada 10 Mei 2010, Arumi Bachsin pernah mengadukan permasalahannya kepada Arist. Ketika itu, istri wakil gubernur Jatim saat ini itu tidak nyaman tinggal bersama orang tuanya. Dia pun kabur dari rumah. Serta masih banyak lagi perjuangan Arist untuk anak Indonesia.  (*)

Kategori :

Terkait

Sabtu 26-08-2023,23:46 WIB

Arist Pejuang Hak Anak Tutup Usia