Pemenang Lomba Iklan Layanan Masyarakat Mendukung Sukses Pemilu Tahun 2024, Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar Puji Peserta sebagai Orang Merdeka

Minggu 27-08-2023,13:00 WIB
Editor : Heti Palestina Yunani

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Pemenang lomba iklan layanan masyarakat mendukung sukses Pemilu Tahun 2024 dengan tema “Pemilih Cerdas untuk Pemilu Berkualitas” telah diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 
 
Dalam acara yang digelar oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri tersebut Adapun perlombaan ada pemenang untuk beberapa kategori.
 
Iklan animasi dimenangkan oleh Tim Mahakala, Anggit Muhammad, Nadiah Ariqah, Valentino Matthew Daniel Hutabarat, dan Satset Unimation. Iklan non-animasi yakni Muslim, Lukman Al Hakim, Abdul Wahid Shafauzadi, Sahid Tamamunni’am, dan SMKN 6 Jakarta. 
 
Terakhir kategori short video yaitu Akbar Fernando Ndabung, Safa Rahmania Rangkudy, dan Tim Berangkat. Pengumuman dilaksanakan secara hybrid dari Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023.

  BACA JUGA: Kemendagri Bantah Ada Kebocoran Data 337 Juta KTP
 
Pemenang ketiga kategori itu unggul dari 327 karya video yang terkirim ke panitia selama pelaksanaan yang berlangsung sejak 22 Juli sampai dengan 20 Agustus 2023. 
 
”Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan lomba iklan layanan masyarakat ini, sungguh luar biasa animo dari masyarakat,” kata Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Politik Dalam Negeri (Poldagri) Rahmat Santoso.
 
Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Kemendagri Bahtiar pun mengapresiasi 327 video yang masuk ke panitia karena melampaui angka yang ditargetkan. Keberhasilan ini tak lepas dari upaya sosialisasi yang dilakukan panitia. 
 
Dalam waktu yang relatif singkat, panitia bisa memaksimalkan partisipasi dari banyak pihak. Pelaksanaan lomba ini juga sebagai wujud kebersamaan yang menggairahkan dari berbagai elemen bangsa agar Pemilu Serentak tahun 2024 bisa diketahui secara luas.
 
Bahtiar menyampaikan bahwa para peserta yang membuat konten dan mengikuti lomba iklan layanan masyarakat ini merupakan orang-orang yang merdeka. Menurutnya hanya orang-orang yang merdeka yang bisa membuat karya, dan sebaliknya, orang-orang yang terjajah pikirannya tidak mampu membuat karya-karya secara kreatif.
Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Kemendagri Bahtiar mengapresiasi 327 video yang masuk ke panitia karena melampaui angka yang ditargetkan. -Puspen Kemendagri-
 
“Kami yakinkan bahwa kita solid, semua beserta seluruh masyarakat dan bahkan anak-anak muda yang kreatif tadi telah berpartisipasi secara baik dengan nyata, dengan memberi dan memproduksi konten-konten positif,” ujarnya.
 
Perlombaan ini melibatkan dewan juri yang berasal dari unsur akademisi, perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Asosiasi Industri Animasi, serta perwakilan dari media televisi. 
 
“Ada tim penilainya oleh orang-orang independen yang mempunyai kemampuan untuk menilai. Jadi Dirjen Polpum Kemendagri tidak memiliki kemampuan untuk menilai, maka kita meminta para profesional untuk memberikan penilaian,” tambah Bahtiar.
 
Rahmat menambahkan, esensi dari sebuah pemilu adalah partisipasi. Karena itulah, pihaknya melaksanakan kegiatan lomba iklan layanan masyarakat tersebut untuk menggugah partisipasi dan peran aktif masyarakat.
 
“Agar masyarakat semakin sadar pentingnya pemilu. Kita harapkan ini dapat terus menggelora sampai nanti pada pelaksanaan pemilu 2024 nanti,” katanya. (*)
Kategori :