Punya Kendaraan Berusia Lebih dari 3 Tahun dan Takut Tak Lulus Uji Emisi? Begini Solusinya...

Sabtu 02-09-2023,13:41 WIB
Reporter : Gunawan Sutanto
Editor : Gunawan Sutanto

Sedangkan catalytic converter berfungsi mengubah emisi gas buang yang beracun menjadi udara bersih. Perhatikan juga kondisinya dan pastikan catalytic converter berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Udara, Dishub Kota Surabaya Giat Cek Emisi Kendaraan Seminggu Sekali

Keempat, jaga suhu kerja mesin agar tetap stabil. Setiap mesin memiliki titik suhu kerja ideal yang harus dipertahankan agar proses pembakaran dapat berjalan dengan optimal.

Cek sistem pendingin mesin seperti radiator apakah berfungsi baik? Tujuannya agar suhu kerja mesin tetap dalam batas normal.

Kelima, pastikan keadaan busi dan koil secara berkala. Busi dan koil merupakan bagian penting dari sistem pengapian mesin.

Jika busi dan koil dalam kondisi baik, maka proses pembakaran dapat berjalan dengan sempurna.

Campuran udara dan bahan bakar akan terbakar secara efisien tanpa meninggalkan residu yang dapat mempengaruhi emisi gas buang.

Keenam, manfaatkan injector cleaner untuk menjaga kebersihan saluran penyemprotan bahan bakar. Injector cleaner dapat membersihkan dan mencegah residu sisa pembakaran menumpuk di pin injector.

Hal ini akan menjaga sistem bahan bakar tetap bersih dan meningkatkan performa mobil. Selain itu, pemakaian injector cleaner juga dapat mencegah mesin dari suara ngelitik, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan membantu mobil lulus uji emisi.

BACA JUGA:Waduh, Polusi Udara Ternyata Bisa Memperpendek Usia: Studi Kasus India

Ketujuh, pastikan melakukan pergantian oli mesin secara teratur. Oli yang sudah rusak dapat merembes masuk ke ruang bakar dan meningkatkan residu pembakaran.

Selain itu, oli mesin yang baik juga membantu menjaga suhu kerja mesin tetap terjaga dan mencegah emisi gas buang sulit dikendalikan.

Terakhir, ini hal yang sering dilakukan tanpa tahu dampaknya. Yakitu hindari melakukan modifikasi mesin mobil dengan sembarangan.

Meskipun ada yang menganggap modifikasi dapat meningkatkan performa, jika tidak dilakukan secara tepat, modifikasi dapat mengakibatkan emisi gas buang yang lebih tinggi dan sulit untuk lulus uji emisi.

Lebih baik konsultasikan dengan mekanik profesional untuk modifikasi mesin yang tepat dan sesuai dengan aturan yang berlaku.(*)

Kategori :