Keren Banget! Inilah Deretan Idol K-Pop yang Bakal Tampil di BBMAs

Jumat 17-11-2023,01:01 WIB
Reporter : Ayu Dahlia Latifah R
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Kepopuleran lagu K-Pop di Asia sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Sejak K-pop generasi kedua, sudah banyak negara-negara di Asia yang mengenal genre musik yang satu ini.  

Contohnya adalah lagu Gangnam Style milik PSY. Lagu ini sangatlah populer pada masanya. Tak hanya itu, lagu ini berhasil menduduki peringkat 2 Billboard HOT 100 pada 2012 silam. 

Meski begitu, saat itu K-Pop belum terlalu di kenal di AS. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, K-Pop mengalami perkembangan yang begitu pesat. Banyak sekali Idol K-Pop yang mulai eksis di dunia musik AS.

BACA JUGA: Whoosh Bisa Angkut 21 Ribu Penumpang Tiap Hari, Kenaikan Tarif Masih Dikaji

Tak hanya itu, lagu-lagu K-Pop mulai menjajah tangga lagu internasional. Hal ini membuktikan bahwa semakin lama semakin banyak orang di luar Asia yang menjadi penggemar K-Pop. 

Impact K-Pop yang semakin masif ini membuat mereka mulai dikenal oleh berbagai penghargaan AS. Salah satunya adalah Billboard Music Awards (BBMAs). Pergelaran musik ini pertama kali menominasikan Idol K-Pop pada 2013.

Saat itu, PSY-lah yang pertama kali mendapatkan nominasi dan memenangkan dua nominasi di acara tersebut lewat lagu hit Gangnam Style. Setelah itu, tidak ada lagi idol K-Pop yang masuk nominasi BBMAs hingga 2017.

BBMAs tahun ini diselenggarakan pada 19 November 2023 waktu setempat. Yuk, simak beberapa Idol K-Pop yang pernah dan akan datang dan tampil di panggung BBMAs dari waktu ke waktu. 

  • PSY 

PSY merupakan artis pertama yang datang sekaligus memenangkan penghargaan di acara musik BBMAs 2013. Saat itu, dengan lagu hit Gangnam Style ia berhasil masuk di enam nominasi berbeda.

BACA JUGA: Firli Bungkam Usai Diperiksa 4 Jam, Penyidik Belum Tetapkan Tersangka Kasus Pemerasan terhadap SYL

Yakni nominasi Top New Artist, Top Streaming Artist, Top Rap Artist, Top Streaming Song, Top Rap Song, dan Top Dance Song. Di ajang itu PSY harus bersaing dengan musisi top dunia seperti Justin Bieber, Taylor Swift, dan Madonna.


Keren Abis! Inilah Deretan Idol K-Pop Yang Tampil Di BBMAs--Soompi 

Dari enam nominasi, PSY hanya berhasil membawa satu piala yaitu piala nominasi Top Streaming Song. Tidak heran. Pasalnya, pada saat itu Gangnam Style sudah ditonton lebih dari 1.5 miliar dalam rentang waktu hanya satu tahun. 

Pada 2014 PSY masuk dalam nominasi Top Streaming Song Billboard Music Awards 2014 dengan lagu Gentleman.

  • BTS 

Empat tahun kemudian, pada 2017 BTS menjadi satu-satunya idol K-Pop yang berhasil datang dan masuk ke dalam nominasi Billboard Music Awards 2017.

Kategori :