Gibran: Tudingan Ijazah Palsu Hanya Lucu-lucuan

Senin 20-11-2023,18:02 WIB
Reporter : Noor Arief Prasetyo
Editor : Noor Arief Prasetyo

SOLO, HARIAN DISWAY – Beberapa waktu lalu, ada yang menuding Ijazah Gibran Rakabuming Raka palsu. Yang dipersoalkan adalah ijazah dari luar negeri yang dianggap setara dengan ijazah sekolah menengah atas (SMA). Menyikapi hal ini, cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju ini menganggapnya enteng.

Terlebih kemudian Gibran pun akhirnya menunjukkan fisik ijazah yang telah diterimanya. "Enggak, saya anggap lucu-lucuan karena kok baru sekarang dipermasalahkan," kata Gibran.

Gibran mengatakan jika ijazah yang dia miliki memang palsu, seharusnya hal itu dipermasalahkan sejak awal, yakni saat pendaftaran bakal pasangan capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Ini saya sudah upload (unggah) di KPU," kata putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

BACA JUGA:Gibran Disambut Hangat di Pesantren Al Kautsar Medan

BACA JUGA:Rajin Laporkan Kekayaan, Harta Gibran Melebihi Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo

Mengenai anggapan bahwa tudingan ijazah palsu tersebut merupakan bagian dari kampanye hitam, Gibran mengatakan itu merupakan hal biasa. "Ya, biasa. Makanya, tak (saya) bawakan ijazahnya," imbuhnya.

Selain itu, terkait tudingan bahwa Gibran merupakan lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK), dia menilai hal itu tidak perlu ditanggapi secara berlebihan.

"Saiki usume (sekarang sedang marak tudingan) Gibran lulusan SMK, lha nek (kalau) lulusan SMK kenapa tho? Kan lulusan SMK juga bagus. Tetapi ini untuk sertifikat dan lain-lain, (ijazah) S1 ada di sini. Saya bawakan biar teman-teman media bisa lihat bentuk aslinya. Pegang fisiknya," ujar Gibran sambil menunjukkan ijazah lulusan program sarjana miliknya.

Sebelumnya, Gibran meminta para pendukungnya menyikapi fitnah-fitnah dari pihak lawan dengan santai. "Fitnah-fitnah, nyinyiran, berita hoaks, saya ingatkan dan sarankan, tidak perlu menanggapi itu semua. Dibawa santai saja. Disenyumin saja," kata Gibran Rakabuming Raka di Kota Jambi.

BACA JUGA:Tegaskan Komitmen pada Desa, Gibran Akan Temui 20.000 Anggota Organisasi Desa Bersatu

BACA JUGA:Ridwan Kamil Diharapkan Jadi Kunci Kemenangan Prabowo-Gibran di Jawa Barat

Gibran pun mengajak pendukungnya untuk fokus saja memenangkan dirinya dan Prabowo Subianto di pilpres 2024. Dia meminta para pendukung turun ke akar rumput memenangkan Prabowo-Gibran.

"Kita fokus untuk kemenangan, fokus untuk turun ke akar rumput, fokus melakukan konsolidasi door to door," ujar Gibran lagi.

Lebih lanjut, Gibran menyatakan bakal melanjutkan dan menyempurnakan program yang sudah dijalankan ayahnya. Baginya, tidak ada konsep perubahan, melainkan keberlanjutan. "Saya menggaungkan, tidak ada nama perubahan, tidak ada namanya arah baru. Yang ada hanya keberlanjutan dan penyempurnaan."

Kategori :