Tanggal 17 Mei Memperingati Hari Apa? Ada Hari Buku Nasional

Jumat 17-05-2024,00:49 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Setiap tanggal memiliki beberapa perayaan tersendiri. Mulai dari perayaan sedunia atau internasional hingga perayaan lokal. Seperti halnya tanggal 17 Mei yang memiliki tiga peringatan. Ada apa saja tanggal itu?

Hari Buku Nasional

Menurut informasi dari laman Perpustakaan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), peringatan ini pertama kali diinisiasi oleh Menteri Pendidikan Nasional pada era Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik Fadjar. 

Bertujuan meningkatkan minat serta kesadaran akan pentingnya membaca dan menulis di kalangan masyarakat Indonesia. Pada saat itu, tingkat literasi di Indonesia masih sangat rendah. Sehingga diperlukan upaya khusus untuk mempromosikan budaya literasi.

BACA JUGA: Tanggal 15 Mei Memperingati Hari Apa? Ada Hari Keluarga Internasional

Sebagai salah satu langkah konkret untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah menetapkan Hari Buku Nasional sebagai momen khusus untuk mendorong masyarakat agar lebih gemar membaca dan menulis. 

Pemilihan tanggal 17 Mei ini karena bertepatan dengan hari berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, yakni pada 17 Mei 1980, sebuah momen bersejarah yang menandai komitmen negara dalam memajukan dunia literasi.

Hari Masyarakat Telekomunikasi dan Informasi Sedunia

Tanggal 17 Mei juga diperingati sebagai Hari Masyarakat Telekomunikasi dan Informasi Sedunia. Bertepatan dengan hari berdirinya organisasi telegraf internasional yang dikenal sebagai International Telegraph Union (ITU) pada tahun 1865.

BACA JUGA: Ada Peringatan Tragedi Trisaksi pada 12 Mei, Simak Sejarah dan Asal-Usulnya

ITU, yang kini menjadi badan khusus PBB untuk teknologi informasi dan komunikasi, berperan penting dalam mengatur dan memajukan telekomunikasi di seluruh dunia. 

Berkantor pusat di Jenewa, Swiss, ITU memiliki keanggotaan global yang mencakup 193 negara. Organisasi ini berfokus pada berbagai aspek teknologi informasi dan komunikasi, mulai dari pengembangan standar teknis hingga alokasi spektrum frekuensi radio.

Telekomunikasi memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Berkat jaringan telekomunikasi yang tersambung, orang-orang di seluruh dunia dapat berkomunikasi dan mengakses internet dengan mudah.

BACA JUGA: Tanggal 7 Mei Penuh Hari Peringatan, Ini Nih yang Ada di Indonesia dan Dunia

Hari Masyarakat Telekomunikasi dan Informasi Sedunia mengingatkan kita akan pentingnya telekomunikasi dalam mendukung berbagai aktivitas manusia, dari komunikasi pribadi hingga operasi bisnis dan layanan publik.

Kategori :