Mengapa Lutut Sakit Saat Ditekuk? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jumat 31-05-2024,16:09 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Heti Palestina Yunani

Sendi yang terkena artritis biasanya terasa sangat nyeri dan kaku terutama saat baru bangun tidur atau setelah tidak bergerak dalam waktu lama. Intensitas nyeri tersebut bisa bervariasi saat berjalan atau menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, berat badan, kondisi cuaca, dan faktor lainnya juga dapat memperparah kondisi ini. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kondisi sendi dan lutut Anda saat beraktivitas, agar tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada lutut saat ditekuk.

BACA JUGA: Tujuh Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Cara Mengatasi Lutut Sakit saat Ditekuk


Cara mengatasi lutut nyeri saat ditekuk. --ilustrasi

Bagi Anda yang mengalami rasa nyeri tersebut, Anda bisa mengatasinya dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Istirahatkan Lutut

Hentikan semua aktivitas yang bisa memperparah nyeri pada lutut saat ditekuk. Hindari juga aktivitas yang menambah beban di lutut, seperti mengangkat benda berat.

2. Kompres dengan Air Dingin

Mengompres lutut dengan air dingin dapat membantu meredakan nyeri. Cukup kompres area lutut yang sakit selama 15-20 menit dan ulangi setiap beberapa jam.

BACA JUGA: Batuk Karena Asam Lambung: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

3. Gunakan Perban Elastis

Untuk mencegah pembengkakan, lilitkan perban elastis di sekitar lutut yang sakit. Pastikan perban tidak terlalu kencang agar aliran darah tetap lancar dan tidak memperparah kondisi.

4. Posisikan Lutut Lebih Tinggi

Posisikan lutut yang sakit lebih tinggi dari dada dengan bantuan bantal. Ini bisa membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan nyeri.

5. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Kategori :