7 Cara Merawat Tanaman Aquascape Agar Tetap Sehat dan Indah

Selasa 13-08-2024,07:40 WIB
Reporter : Elok Afida Nur Aini
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY- Aquascape adalah seni mengatur tanaman, air, batu, kayu, dan elemen lainnya di dalam akuarium untuk menciptakan pemandangan bawah air yang menarik.

Tanaman aquascape memegang peranan penting dalam menciptakan keindahan dan keseimbangan ekosistem di dalam akuarium. Untuk memastikan tanaman aquascape tetap sehat dan indah diperlukan perawatan yang tepat.

Ada beberapa tip untuk Anda tentang cara-cara merawat tanaman aquascape agar tetap sehat dan indah. Semua bisa diikuti dengan mudah kok. Anda bisa langsung mempraktikkannya. Yuk simak yang berikut ini.

1. Pemilihan Tanaman yang Tepat

Langkah pertama dalam merawat tanaman aquascape adalah memilih jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi akuarium Anda. Beberapa tanaman memerlukan cahaya yang lebih terang.

BACA JUGA: 5 Tanaman Toga Murah dan Mudah dengan Segudang Manfaat

Sementara yang lain bisa tumbuh dengan baik dalam cahaya yang redup. Pastikan untuk memilih tanaman yang sesuai dengan parameter air, seperti pH, suhu, dan kekerasan air di akuarium Anda.

2. Pencahayaan yang Cukup

Cahaya adalah salah satu faktor utama dalam pertumbuhan tanaman aquascape. Tanaman memerlukan cahaya untuk fotosintesis, yang merupakan proses penting untuk menghasilkan energi.

Gunakan lampu LED khusus untuk akuarium yang bisa memberikan spektrum cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman. Atur pencahayaan selama 8-10 jam per hari untuk memberikan kondisi yang optimal bagi tanaman.

BACA JUGA: Temulawak Jadi Tanaman Obat Unggulan, Wapres Minta Mutu dan Kualitas Temulawak Harus Dijaga

3. Pemberian Nutrisi

Tanaman aquascape memerlukan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Nutrisi ini bisa didapatkan dari substrat yang kaya akan unsur hara atau dengan menambahkan pupuk cair secara berkala.

Pastikan untuk menggunakan pupuk yang mengandung unsur makro seperti nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K), serta unsur mikro seperti besi (Fe), mangan (Mn), dan boron (B).

4. Sistem CO2

Kategori :