Vape Bikin Kulit Gen Z Menua Lebih Cepat! Bagaimana Bisa?

Kamis 11-07-2024,11:22 WIB
Reporter : Siti Yulaikah
Editor : Heti Palestina Yunani

Pengguna vape mungkin juga menghadapi risiko lebih tinggi terkena kanker kulit dan penyakit kulit lainnya.

BACA JUGA: WHO Larang Rokok Elektrik

Langkah Pencegahan

Menghentikan penggunaan vape adalah langkah paling efektif untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Namun, bagi mereka yang masih sulit untuk berhenti, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk melindungi kulit.

Pertama, menjaga kelembapan kulit dengan rutin menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.  Kedua, menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat memperburuk kerusakan kulit.
Menghentikan penggunaan vape adalah langkah paling efektif untuk mencegah penuaan dini pada kulit. --iStockphoto

Ketiga, mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran untuk melawan radikal bebas. Penggunaan vape mungkin tampak sebagai pilihan yang lebih aman dibandingkan rokok konvensional.

BACA JUGA: Badan Juga Perlu Tabir Surya, Ini 5 Rekomendasi Body Sunscreen yang Affordable Hingga Pricey

Tetapi dampaknya terhadap kesehatan kulit tidak bisa diabaikan. Generasi Z yang serung menggunakan vape harus menyadari risiko penuaan dini yang mengintai.

Memahami dan menghindari faktor-faktor yang mempercepat penuaan kulit adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan kulit jangka panjang.

Menghentikan penggunaan vape dan mengadopsi gaya hidup sehat dapat membantu melindungi kulit dan mencegah dampak negatif yang mengejutkan dari vape. (*)

Artikel ini ditulis oleh Siti Yulaikah, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler di Harian Disway

Kategori :