Mengungkap Rahasia Tidur Berkualitas demi Mencapai Kesehatan Fisik dan Mental yang Optimal

Senin 09-09-2024,06:00 WIB
Reporter : Nanda Ulya Darojat
Editor : Heti Palestina Yunani

5. Hindari Makanan dan Minuman yang Mengganggu Tidur

Hindari konsumsi kafein, alkohol, dan makanan berat menjelang waktu tidur. Kafein dan alkohol dapat mengganggu siklus tidur, sementara makanan berat dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang mengganggu tidur.

BACA JUGA: Vibes Sehat, Perwira Pertamina Healing dengan Berolahraga Lari

6. Aktivitas Fisik Teratur

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur, tetapi hindari berolahraga intens mendekati waktu tidur. Olahraga membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan mood, yang semuanya berkontribusi pada tidur yang lebih baik.

7. Perhatikan Durasi Tidur

Orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam tidur setiap malam untuk fungsi optimal. Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan, gangguan konsentrasi, dan peningkatan risiko berbagai penyakit kronis. Maka perhatikan berapa jam tidur Anda sehari.

Dengan menjaga rutinitas tidur yang konsisten itu akan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Demi durasi tidur yang baik, ada baiknya Anda mengembangkan rutinitas relaksasi sebelum tidur yangdapat meningkatkan kualitasnya.

BACA JUGA: Jennifer Aniston: Tidur itu Bikin Cantik

Selain itu, ada kebiasaan baik yang turut mendukung pencapaian tidur berkualitas. Seperti menghindari makanan dan minuman yang mengganggu tidur serta berolahraga secara teratur. Hal itu penting untuk mendapatkan tidur nyenyak dan memulihkan.

Bagaimana? Apakah Anda sudah melakukannya. Mari utamakan tidur yang berkualitas. Dengan demikian Anda dapat menikmati manfaat kesehatan yang signifikan, peningkatan energi, suasana hati yang lebih baik, dan fungsi kognitif yang oke. (*)

*) Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler di Harian Disway

Kategori :