Eh, Benarkah Parfum Bisa Kedaluwarsa? Ini Nih Cara Mengetahuinya!

Senin 09-09-2024,07:00 WIB
Reporter : Siti Yulaikah
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Siapa yang tak butuh parfum untuk mendukung penampilan yang oke? Pasti semua membutuhkannya. Rata-rata tak punya satu. Sebab parfum dianggap sebagai barang mewah yang memberikan aroma segar dan menggoda.

Namun, ada satu pertanyaan bahwa apakah parfum bisa kedaluwarsa? Jawabannya: ya. Itu sama seperti produk lainnya yang memiliki komponen kimia yang lain.  Lantas, bagaimana cara mengetahui tanda-tanda bahwa parfum telah kedaluwarsa

Perlu diketahu bahwa parfum memiliki umur simpan yang terbatas. Nah selain memakainya, ada baiknya Anda tahu faktor yang mempengaruhi umur simpan parfum dan memeriksa kondisi parfum Anda bilakah tidak layak digunakan lagi.

Faktor yang Mempengaruhi Umur Simpan Parfum:

BACA JUGA: Tak Kalah dengan Parfum High End, Ada 7 Rekomendasi Parfum Lokal yang Oke!

1. Komposisi Bahan

Parfum yang terbuat dari bahan alami cenderung memiliki umur simpan lebih pendek dibandingkan dengan parfum berbahan sintetis. Bahan alami lebih rentan terhadap perubahan kimiawi. Ini yang menyebabkan aroma berubah atau memudar.

2. Penyimpanan

Perhatikan cara penyimpanan parfum. Itu sangat mempengaruhi umur simpan. Parfum yang disimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung, suhu yang sangat tinggi, atau kelembaban yang tinggi akan lebih cepat rusak.

Jadi idealnya, parfum harus disimpan di tempat yang sejuk, gelap, dan kering. Menyimpan parfum agar awet salah satunya dengan menjauhkannya dari sinar matahari. Karena itu biasanya ada yang meletakkan di almari khusus.

BACA JUGA: Trik Buat Wangi Parfum Awet, Semprot Titik Ini

3. Kualitas Botol

Wadah penyimpan atau botol parfum juga berperan penting dalam menjaga kualitas isinya. Botol yang tidak tertutup rapat atau terbuat dari bahan yang tidak melindungi isinya dari cahaya dan udara dapat mempercepat proses kedaluwarsa.

Tanda Parfum Kedaluwarsa

Bila selama ini mengira bahwa parfum tak kedaluwarsa, hal itu salah besar. Meskipun tetap menimbulkan wangi, ada kalanya masa berlakunya sudah lewat. Perhatikan beberapa tanda yang menunjukkan bahwa parfum sudah kedaluwarsa.

Kategori :