Eh, Benarkah Parfum Bisa Kedaluwarsa? Ini Nih Cara Mengetahuinya!

Senin 09-09-2024,07:00 WIB
Reporter : Siti Yulaikah
Editor : Heti Palestina Yunani

1. Perubahan Warna

Warna parfum yang berubah menjadi lebih gelap atau keruh adalah salah satu indikasi bahwa parfum tersebut sudah tidak layak digunakan. Perubahan warna ini biasanya disebabkan oleh oksidasi bahan-bahan kimia di dalamnya.

BACA JUGA: Pentingnya Mengenali Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes Parfum

2. Perubahan Aroma

Aroma parfum yang sudah kedaluwarsa akan berubah. Bisa jadi Anda tak menyadarinya. Periksalah wangi parfum yang mungkin memiliki bau lebih asam atau teroksidasi yang Anda rasa jauh berbeda dari aroma asli yang segar dan menyenangkan.

3. Endapan

Munculnya endapan di bagian bawah botol parfum juga merupakan tanda bahwa parfum tersebut sudah kedaluwarsa. Endapan ini biasanya terbentuk dari bahan-bahan yang telah mengendap dan tidak lagi tercampur dengan baik.

Memperpanjang Umur Simpan Parfum

Setelah mengetahui faktor yang mempengaruhi umur parfum dan tanda parfum Anda kedaluwarsa, mari kita pastikan bagaimana agar parfum tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, ada beberapa tip penyimpanannya.

BACA JUGA: Bangkitkan Memori Masa Kecil, Nicholas Saputra Rilis Parfum

  1. Simpan di tempat khusus: Hindari menyimpan parfum di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di ruangan yang suhunya tinggi. Simpan parfum di lemari atau laci yang gelap dan sejuk untuk menjaga kualitasnya.
  2. Pastikan botol tertutup rapat: Setelah digunakan, pastikan botol parfum selalu tertutup rapat untuk mencegah udara masuk dan merusak komposisi kimia di dalamnya.
  3. Hindari kelembaban: Jangan menyimpan parfum di kamar mandi atau tempat yang lembab. Kelembaban dapat merusak kualitas parfum dan mempercepat proses kedaluwarsa.

Selain mengetahui tip di atas, perlu diketahui juga bahwa umur simpan parfum sebenarnya bervariasi. Tetapi umumnya parfum dapat bertahan antara 3 hingga 5 tahun jika disimpan dengan benar. Bisa juga lebih dari itu. Tergantung Anda.

Tetapi dengan mengikuti tip penyimpanan di atas, Anda bisa memperpanjang umur simpan parfum dan tetap menikmati aroma segar dan menyenangkan dalam jangka waktu yang lebih lama. Apalagi jika jumlah parfum Anda cukup banyak.

BACA JUGA: Kabar Dari Tanah Suci (23): Rahasia Keharuman Parfum Thaif

Yang penting Anda tahu kapan masa kedaluwarsa masing-masing parfum tersebut. Anda penggunanya tinggal mengenali tanda-tandanya serta mengetahui cara menyimpannya. Dengan begitu Anda dapat memastikan parfum tetap dalam kondisi terbaik.

Agar bisa dinikmati kapan saja. Apalagi jika Anda adalah pengoleksi parfum sekaligus.  Jadi, tak ada salahnya selalu memeriksa kondisi parfum Anda dan bergantian memakainya untuk mendapatkan manfaat maksimal dari produk kesayangan Anda itu. (*)

*) Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler di Harian Disway

Kategori :