Bolehkah Ibu Hamil Menikmati Makanan Pedas? Ketahui Fakta dan Tip yang Aman untuk Diikuti!

Minggu 08-09-2024,16:53 WIB
Reporter : Siti Yulaikah
Editor : Heti Palestina Yunani

2. Mulas dan Diare

Konsumsi makanan pedas dapat menyebabkan mulas dan diare pada beberapa orang. Hal ini dapat membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, terutama jika dia sudah mengalami gangguan pencernaan selama kehamilan.

3. Keringat Berlebih

Makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh dan menyebabkan keringat berlebih. Ini mungkin tidak nyaman, terutama selama bulan-bulan kehamilan yang lebih panas.

BACA JUGA: Begini Dampak Kurang Tidur pada Ibu Hamil

Tip Aman Menikmati Makanan Pedas

1. Konsumsi dalam Batas Wajar

Tidak ada salahnya menikmati makanan pedas, tetapi penting untuk melakukannya dalam batas wajar. Karena itu jangan makan makanan pedas yang berlebihan, karena dapat memperburuk heartburn atau masalah pencernaan lainnya.

2. Pilih Makanan Pedas yang Lebih Ringan

Alih-alih memilih makanan yang sangat pedas, cobalah makanan dengan tingkat kepedasan yang lebih ringan. Ini dapat membantu mengurangi risiko heartburn dan ketidaknyamanan lainnya.

3. Kombinasikan dengan Makanan Lain

Mengonsumsi makanan pedas bersama dengan makanan lain yang lebih lembut, seperti nasi, bubur, puding, roti, atau apa pun yang Anda sukai, yang semua itu dapat membantu mengurangi intensitas kepedasan dan mencegah iritasi lambung.

4. Tetap Terhidrasi

BACA JUGA: Pentingnya Skrining Pada Ibu Hamil Demi Generasi Sehat Menuju Indonesia Emas 2045

Minumlah banyak air setelah mengonsumsi makanan pedas dapat membantu mengurangi efek samping dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dalam kondisi hamil, asupan air ini sangatlah penting.

5. Hindari Sebelum Tidur

Kategori :