Fakta! Daun Kitolod Tak Dapat Menyembuhkan Katarak dan Mata Minus

Sabtu 03-08-2024,02:14 WIB
Reporter : Anik Zulfia
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Sekarang ini banyak sekali penelitian terhadap obat herbal yang berasal dari tumbuhan. Salah satu tumbuhan yang pernah disebutkan yaitu daun kitolod. Daun kitolod memiliki nama biologi Isotoma longiflora.

Daun kitolod merupakan tumbuhan liar yang dapat di temui di pinggir saluran air atau sungai, pinggir sawah, dan tempat-tempat lembab dan terbuka. Tumbuhan ini bisa Anda temukan di dataran rendah dengan ketinggian 1.100 mdpl.

Daun kitolod memiliki bentuk tegak dan tangkai panjang. Memiliki bunga berwarna putih, dengan batang lunak, dan daun meruncing. Daun kitolod ini termasuk kedalam tanaman gulma atau pengganggu tanaman lain.

BACA JUGA: 6 Obat Herbal Atasi Sakit Gigi

Di negara tropis daun kitolod bermanfaat untuk mengobat luka, anastesi lokal, serta mengobati penyakit mata. Meski beracun daun kitolod memiliki kandungan antibakteri dan antijamur. Daun kitolod digunakan sebagai obat tradisional oleh Suku Kutai di Kalimantan Timur.

Namun getah kitolod jika terkena mata akan berpotensi menyebabkan kebutaan, iritasi, memberikan rasa panas pada kulit, mulut, dan tenggorokan. Maka dari itu jangan pernah langsung meneteskan air atau getah daun kitolod ke mata.

Jika tidak sengaja meneteskan getah pada mata, langsung bilas menggunakan air bersih. Banyak artikel yang menyebutkan bahwa daun kitolod ini memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu menyembuhkan katarak dan mata minus.

BACA JUGA: Inilah 5 Obat Asam Lambung Alami

Namun, klaim tersebut tidak benar. Berikut penjelasan yang menjelaskan klaim itu tidak berdasar:

1. Penelitian yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor 

Penelitian ini menjelaskan bahwa tanaman kitolod mengandung senyawa alkaloid, lipofilik, terpenoid, fenolat, dan flavonoid. Akan tetapi kandungan ini tidak dapat menyembuhkan katarak dan mata minus.

BACA JUGA: Serba-Serbi Katarak: Pengertian, Cara Mencegah, dan Penanganan

2. Daun kitolod memiliki dosis yang berbahaya

Dalam pengonsumsian jumlah banyak, kandungan dari daun ini akan menyebabkan muntah, kelumpuhan otot, detak jantung yang cepat dan lemah, dan pernapasan yang tidak teratur. Sehingga dapat disimpulkan tanaman ini tidak cocok digunakan untuk obat.

3. Dokter spesialis menyarankan operasi

Ada penjelasan dokter bahwa katarak diakibatkan oleh keruhnya lensa mata secara perlahan yang diakibatkan proses degenerasi atau penuaan. Sehingga penobatan yang tepat yaitu dengan operasi.
Operasi katarak adalah prosedur bedah untuk mengangkat lensa mata yang keruh akibat katarak dan menggantinya dengan lensa buatan. --iStockphoto

BACA JUGA: Operasi Mata Minus Hanya Delapan Menit di RS Mata Undaan

Penggunaan daun kitolod tidak akan memberikan manfaat dalam pengobatannya. Selain itu mata minus disebabkan oleh bola mata terlalu panjang sehingga menyebabkan daya fokus kornea dan lensa mata berkurang.

Hal inilah yang menyebabkan objek yang terletak dikejauhan tampak kabur dan blur.

4. Penelitian daun kitolod tidak berbasis ilmiah

Penelitian terhadap daun kitolod tidak memiliki basis yang ilmiah dan tidak dapat diandalkan sebagai referensi untuk pengobatan katarak dan mata minus.

Apakah Anda akan tetap menggunakan daun kitolod untuk menyebuhkan katarak dan mata minus? Sebaiknya Anda jangan coba coba untuk menggunakannya karena belum ada penelitian yang menunjukkan manfaat demikian.

Lebih baik segera konsultasikan ke dokter spesialis mata jika memiliki berbagai keluhan. Mata adalah bagian panca indera yang sangat penting. (*)

*Anik Zulfia, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler di Harian Disway

Kategori :