Portugal vs Ceko 2-1: Bukan Cristiano, Francisco Conceicao yang Selamatkan Selecao das Quinas

Rabu 19-06-2024,05:05 WIB
Reporter : Retna Christa
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Timnas Portugal mengawali perjalanan di Euro 2024 dengan mulus. Selecao das Quinas (sebutan Portugal) menang tipis 2-1 atas Republik Ceko.

Dalam pertandingan yang digelar di Red Bull Arena, Leipzig, pada Rabu, 19 Juni 2024 dini hari itu, ketiga gol terjadi di babak kedua. Ceko unggul lebih dulu lewat Lukas Provod di menit ke-62. Kemudian gol bunuh diri Robin Hranac menyamakan kedudukan.

Portugal akhirnya mendapatkan gol kemenangan dari bangku cadangan. Anak muda Fracisco Conceicao, yang baru semenit menginjak lapangan, langsung mampu menjebol gawang Ceko. Itu terjadi di menit ke-2 injury time babak kedua.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Alasan Ronaldo Kembali Bela Portugal walau Sempat Dicadangkan di Piala Dunia 2022

"Sangat penting untuk tetap yakin sampai akhir," kata Vitinha, gelandang Portugal yang meraih gelar Man of the Match, kepada Reuters.


PORTUGAL vs Ceko 2-1: Bukan Cristiano, Francisco Conceiao yang selamatkan Selecao das Quinas.-Patricia de Melo Moreira-AFP

"Kami enggak buta, kok. Kami percaya, yakin, dan tetap berpegang pada game plan yang sudah disusun. Pikiran kami sangat-sangat jernih," tuturnya, mengulas situasi psikologis timnya di babak kedua.

Jalannya Pertandingan Portugal vs Ceko

Portugal benar-benar masih mengandalkan pemain-pemain tua di Euro 2024. Di belakang, ada bek tengah Pepe yang berusia 41 tahun. Ia bahkan menjadi pemain tertua sepanjang sejarah Euro.

Di depan, Selecao das Quinas masih mengandalkan Cristiano Ronaldo, 39 tahun. Sebaliknya, Ceko menerjunkan pemain-pemain muda yang penuh tenaga. Tapi minim pengalama.

BACA JUGA:Portugal vs Irlandia: Ronaldo Cetak Gol ke-130, Jauhi Rekor Messi di Timnas

BACA JUGA:Cetak Brace di Laga Portugal vs Irlandia, Cristiano Ronaldo Masih Jadi Ancaman di Euro 2024

Harusnya, laga ini cukup mudah bagi Portugal. Bayangkan, Cristiano dkk datang ke Euro 2024 dengan rekor kualifikasi yang sempurna. Anak buah Roberto Martinez itu menyapu bersih seluruh kemenangan dari 10 pertandingan. Dengan perkasa mencetak 36 gol. Dan hanya kebobolan dua kali.


PORTUGAL vs Ceko 2-1: Bukan Cristiano, Francisco Conceiao yang selamatkan Selecao das Quinas. Foto: Portugal kebobolan oleh gol Lukas Provod. -Gabriel Bouys-AFP

Namun, seperti yang sering terjadi di turnamen mayor, rekor kualifikasi biasanya tidak berarti apa-apa di event yang sesungguhnya.

Kategori :