Portugal vs Ceko 2-1: Bukan Cristiano, Francisco Conceicao yang Selamatkan Selecao das Quinas

Rabu 19-06-2024,05:05 WIB
Reporter : Retna Christa
Editor : Retna Christa

Meskipun mendominasi penguasaan bola hingga 70%, membuat 19 tembakan dan 13 tendangan sudut, babak pertama tidak menjadi ajang pesta gol bagi Portugal. Para pemain Ceko yang cekatan membangun pertahanan superkuat yang menyebalkan bagi Portugal.

Portugal bagaikan ngekos di wilayah pertahanan Ceko sejak awal. Hampir seluruh pemain mereka berkutat di situ. Namun, disiplin tinggi yang diterapkan tim asuhan Ivan Hasek membuat Cristiano dkk tak bisa mendekati gawang sama sekali. Betapa frustrasinya.

BACA JUGA:Portugal Dihajar Kroasia 1-2 Tanpa Cristiano Ronaldo, Begini Roberto Martinez Berkilah

Peluang Portugal sangat terbatas. Rafael Leao menjadi pemain outlet yang paling kreatif mencari cara menembus ketatnya defense Ceko dari sayap kiri. Meskipun satu penyelaman teatrikal membuatnya mendapatkan kartu kuning di babak pertama.

Cristiano yang diprediksi menjadi kreator utama serangan Portugal, malah melewatkan beberapa peluang terbaik. Termasuk ketika ia mendapatkan umpan dari Bruno Fernandes di mulut gawang. Namun, kiper Jindrich Stanek membuat penyelamatan sempurna.

Tendangan Ronaldo kembali digagalkan oleh Stanek tepat sebelum turun minum. Kedua tim masuk ke ruang ganti dalam kondisi 0-0 tanpa gol.


PORTUGAL vs Ceko 2-1: Bukan Cristiano, Francisco Conceiao yang selamatkan Selecao das Quinas. Foto: Gol Diogo Jota yang dianulir VAR.-Gabriel Bouys-AFP

BACA JUGA:Cristiano Ronaldo Masuk Skuad Portugal untuk Euro 2024, Roberto Martinez: Butuh Sosok di Ruang Ganti

Pada babak kedua, malah Portugal yang mendapat pukulan telak. Entah dari mana, Ceko menguasai bola. Mereka melakukan build up yang sempurna dari tengah lapangan.

Lukas Provod mengirim umpan ke Vladimir Coufal, yang mengembalikannya kepada Provod dengan taktik satu-dua. Provod melakukan penyelesaian menakjubkan di luar jangkauan kiper Portugal Diogo Costa, dan menceploskan bola ke dalam gawang.

Namun keunggulan tersebut tidak bertahan lama. Tujuh menit kemudian, Portugal mampu menyamakan kedudukan dengan sedikit keberuntungan.

BACA JUGA:Slovenia vs Portugal 2-0: Kalah Meski Ada Cristiano Ronaldo, Ini Alasan Roberto Martinez

Umpan silang ke tiang belakang disundul ke arah gawang oleh Nuno Mendes. Kiper Stanek mendorong bola menjauh dari gawang. Namun bola memantul di lutut bek Hranac, dan berubah arah. Kembali masuk ke gawangnya sendiri.


PORTUGAL vs Ceko 2-1: Bukan Cristiano, Francisco Conceiao yang selamatkan Selecao das Quinas. Robin Hranac (kanan) menceploskan bola ke gawangnya sendiri.-Gabriel Bouys-AFP

Pada menit ke-87, Portugal mengira mereka meraih kemenangan. Yakni ketika sundulan Ronaldo membentur tiang, dan pemain pengganti Diogo Jota mampu mengonversi bola rebound.

Sayang, VAR dengan cepat memutuskan bahwa Cristiano Ronaldo berada dalam posisi offside ketika menerima umpan dari sayap kanan.

Kategori :