Legenda Inggris Angkat Bicara Soal Gol Xavi Simons yang Dianulir: Prancis Beruntung!

Sabtu 22-06-2024,15:45 WIB
Reporter : Agustinus Fransisco
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Hasil akhir pertandingan Belanda vs Prancis di matchday kedua Grup D Euro 2024 menimbulkan pro-kontra. 

Salah satu keputusan yang diperdebatkan adalah gol Xavi Simons. Gelandang muda Oranje (sebutan Timnas Belanda itu) itu mencetak gol di menit ke-67. Namun, wasit membatalkan gol Xavi Simons itu setelah melihat tayangan ulang dan berdiskusi dengan wasit VAR.

Mereka beranggapan, ketika Simons melepaskan tendangan, di depan gawang berdirilah bek Belanda Denzel Dumfries yang berada di posisi offside. Pelatih Belanda Ronald Koeman berargumen, Dumfries tidak offside karena tidak mengintervensi terjadinya gol.

Ia tidak sedang dalam posisi menerima bola. Atau menghalangi kiper melakukan penyelamatan. Ia sempat memberikan pernyataan keras di konferensi pers pasca pertandingan.

BACA JUGA:Belanda vs Prancis 0-0: Gol Xavi Simons Dianulir, Les Bleus Diselamatkan VAR

Dua Legenda Timnas Inggris Buka Suara


Gol Xavi Simons Batal Saat Laga Belanda Vs Prancis, Ronald Koeman: Seharusnya Gol Itu Sah-xavisimons/Instagram-

Beberapa pundit pun angkat bicara soal keputusan menganulir gol Xavi Simons itu. Mantan bintang penyerang timnas Inggris, Alan Shearer, mengungkapkan bahwa Prancis sangat beruntung setelah gol Xavi Simons dianulir wasit.

"Prancis sangat beruntung di sini. Jika melihat dari sudut belakang gawang, penjaga gawang tidak mungkin bisa menukik ke arah bola dengan posisi tubuhnya saat itu," jelas Alan Shearer kepada BBC.

"Dumfries tidak memengaruhi kiper sama sekali. Saya rasa kiper tidak mungkin bisa mencapai bola itu," terang legenda Newcastle United itu.

BACA JUGA:Offside Atau Tidak? Ronald Koeman Marah Besar Gol Xavi Simons Dianulir, Ini Argumennya

BACA JUGA:N'Golo Kante Panik Mbappe Patah Hidung, Bisa Main Lawan Belanda?

Sementara itu, mantan pemain Manchester United Wayne Rooney menyatakan bahwa gol Simons seharusnya sah dan mempertanyakan lamanya waktu yang dibutuhkan wasit untuk mengambil keputusan.

"Tidak mungkin gol itu dianulir, menurut saya itu gol dan sangat frustrasi melihat lamanya waktu yang dibutuhkan," ujar Rooney.

"Jika Anda melihat monitor, setidaknya wasit bisa membuat keputusan dan itu adalah pendapatnya sendiri," tutup mantan kapten Manchester United itu.

Kategori :