Menyambut Satu Muharram 1446 H, Pemprov Jatim Pecahkan Rekor Pengibaran 10 Ribu Bendera

Sabtu 06-07-2024,14:37 WIB
Reporter : Michael Fredy Yacob
Editor : Taufiqur Rahman

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ribuan masyarakat mengikuti jalan sehat menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H.

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono yang membuka sekaligus melepaskan sekitar 50 ribu peserta jalan sehat itu dari Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, pagi tadi 6 Juli 2024.

Bahkan, mantan sekretaris daerah Jatim ini ikut jalan sehat yang bertemakan: “Muharram Ceria, Ibadah Gembira” itu. Plh Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan umum Kemendagri RI Togap Simangunsong ikut menjadi peserta. 

Adhy Karyono mengajak umat muslim di Jatim untuk memetik hikmah dari perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW. Ia berjalan dari Makkah ke Madinah. Tujuannya untuk kebaikan. Hal itu dapat dimaknai bersama untuk Jawa Timur terus ke arah yang lebih baik.

BACA JUGA: Pj Gubernur Lantik Kanreg BKN II Surabaya

“Mudah-mudahan kita selalu dibukakan pintu kesehatan, pintu keberkahan, pintu rezeki untuk masyarakat Jawa Timur. Semoga Jawa Timur tetap sejahtera, lebih maju untuk menyongsong Indonesia Emas 2045,” katanya.

Melalui jalan sehat ini, Adhy minta, peserta dapat menjadikan olahraga sebagai bagian penting dari kehidupan. Juga sebagai komitmen bersama dalam mendukung gaya hidup aktif dan sehat. 

“Semoga Bapak Ibu mendapatkan kesehatan. Sehat fisiknya, sehat pikirannya, sehat dompetnya,” ucapnya.

Kegiatan jalan sehat ini juga disemarakkan oleh pengibaran bendera merah putih. Bendera itu dibawa oleh ribuan peserta di halaman masjid Al Akbar.

Bendera ini secara khusus dibagikan oleh Pemprov Jatim melalui Bakesbangpol kepada seluruh peserta. 

BACA JUGA: Sukses Jaga Stabilitas Transisi Pemimpin di Jatim, Pj Gubernur Jatim Diganjar PWI Jatim Award 2024

Aksi ini pun memecahkan rekor muri. Alhasil, kegiatan ini langsung mendapatkan Piagam Rekor Dunia MURI yang diserahkan oleh tim MURI Bryan Razu Ramadhan kepada Pemprov Jatim yang diterima Adhy Karyono.

Secara khusus, Adhy menyampaikan selamat kepada Biro Kesra Setda Provinsi Jatim dan panitia atas terselenggaranya kegiatan jalan sehat. Ia juga berharap kegiatan jalan sehat berjalan lancar hingga akhir. 

Sementara itu, Plh Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI Togap Simangunsong menilai, kegiatan peringatan 1 Muharram dan pengibaran bendera merah putih di lingkungan masjid lebih meningkatkan rasa nasionalisme.

“Mulai 8 Juni mencanangkan 10 juta bendera yang dimulai di IKN Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim. Diikuti seluruh provinsi. Puncaknya nanti di IKN sebagai kontribusi menyemarakkan IKN yang baru,” ungkapnya. (Michael Fredy Yacob)

Kategori :