7 Manfaat Tanaman Putri Malu Bagi Kesehatan, Salah Satunya Cegah Peradangan

Selasa 06-08-2024,21:00 WIB
Reporter : Anik Zulfia
Editor : Guruh Dimas Nugraha

HARIAN DISWAY - Tanaman putri malu (Mimosa pudica) bukan hanya dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki daun yang merespons sentuhan. Ketika disentuh, daunnya menguncup. Selain keunikan itu, putri malu menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Tanaman itu memiliki kandungan senyawa aktif yang berkhasiat untuk berbagai penyakit. Berikut ini 7 manfaat tanaman putri malu yang jarang diketahui:

1. Antiinflamasi

BACA JUGA:5 Manfaat Tanaman Legundi bagi Kesehatan Tubuh

Putri malu memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan, seperti nyeri sendi (artritis), asam urat, dan bisul. Senyawa aktif mimosin dalam tanaman itu bekerja melawan peradangan dan membantu pemulihan tubuh.

2. Kaya Antioksidan 

Putri malu kaya akan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Seperti flavonoid dan tanin.

BACA JUGA:5 Manfaat Air Kelapa Sebagai Penangkal Racun

Selain itu, kandungan antioksidan tersebut dapat membantu mengurangi resiko berbagai penyakit kronis. Seperti kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer.


7 Manfaat Tanaman Putri Malu Bagi Kesehatan, Salah Satunya Cegah Peradangan. Tanaman putri malu bermanfaat untuk mencegah diabetes.-@yessyari-Instagram

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Putri malu terbukti bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. 

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Kelor dalam Kesehatan

Senyawa aktif dalam tanaman itu membantu tubuh memproduksi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin. Sehingga gula darah dapat terkontrol dengan baik.

Selain itu, tanaman putri malu memiliki kandungan senyawa yang dapat menghambat enzim alfa-glukosidase yang berperan dalam memecah karbohidrat menjadi gula.

Sehingga senyawa itu akan memperlambat penyerapan gula ke dalam darah dan membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.

BACA JUGA:5 Manfaat Sirsak untuk Ibu Hamil

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Putri malu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu mengatasi masalah kulit. Seperti jerawat, eksim, dan infeksi jamur. 

Ekstrak putri malu juga dapat membantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas luka.

BACA JUGA:Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh yang Tak Boleh Dilewatkan

5. Melindungi Kesehatan Jantung

Putri malu dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Sehingga dapat melindungi kesehatan jantung. 

Tanaman itu juga membantu menjaga tekanan darah dan mencegah penyakit jantung koroner.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan

BACA JUGA:6 Manfaat Rebusan Air Daun Salam bagi Tubuh

Senyawa aktif dalam tanaman itu membantu melancarkan pencernaan dan meredakan gejala gangguan pencernaan. Tanaman putri malu dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan sakit perut. 

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Putri malu memiliki sifat diuretik yang membantu meningkatkan frekuensi buang air kecil dan mengeluarkan kelebihan air dari tubuh. 

Hal itu membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah komplikasi yang terkait dengan hipertensi.

Selain itu, tanaman putri malu juga mengandung senyawa vasodilatasi dan enzim ACE yang dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga mengurangi resistensi aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA:Tak Hanya Mengatasi Diare, Jambu Biji Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Itulah 7 manfaat dari tanaman putri malu. Tanaman sederhana dengan manfaat luar biasa. Gunakan untuk kesehatan Anda! (*)

 

*) Peserta magang reguler Harian Disway, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 

Kategori :