PPIH Kemenag Akhiri Layanan Haji di Kota Makkah, Jemaah di Madinah Menunggu Proses Pemulangan

Sabtu 13-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Taufiqur Rahman
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Petugas Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) mengumumkan rampungnya operasional layanan Haji di Makkah pada musim haji 1445 H/2024 M. 

Seluruh layanan kini terkonsentrasi pada jemaah haji kloter-kloter akhir yang masih dalam proses pemulangan dari Madinah. 

Hari ini, sebanyak 15 kloter jemaah haji diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah untuk beribadah dan ziarah ke Raudhah dan sejumlah tempat lainnya di Kota Madinah. 

Kloter-kloter tersebut menutup pemberangkatan jemaah haji Gelombang II menuju Kota Madinah, sekaligus menandai berakhirnya layanan penyelenggaraan ibadah haji Daerah Kerja Makkah tahun ini. Demikian disampaikan Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda di Jakarta. 


Fase pemulangan Jemaah Haji, lebih dari separuh telah tiba di tanah air dari total 221 ribu kuota jemaah tahun 2024-Kemenag-

"Dengan berakhirnya layanan haji di Makkah, maka seluruh layanan jemaah haji Indonesia akan terkonsentrasi di Madinah," terang Widi dalam keterangan resmi Kemenag, Sabtu, 13 Juli 2024. 

"Selanjutnya, mereka akan dipulangkan ke Tanah Air dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah," lanjut dia.

BACA JUGA:Satu Jam sebelum Pendaratan, Jemaah Haji Asal Jombang Meninggal Dunia dalam Pesawat

Ia menjelaskan, setelah seluruh jemaah didorong ke Madinah, sejumlah layanan haji di Makkah  juga berakhir, seperti layanan bus shalawat, layanan konsumsi, layanan kesehatan, baik di sektor maupun di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Ia mengatakan, penanganan untuk jemaah yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) akan dilaksanakan hingga 23 Juli 2024. 


Jubir Media Center Haji Kemenag Widi Dwihanda-Kemenag-

"Jika jemaah dinyatakan sembuh di RSAS, mereka akan dievakuasi oleh tim KKHI Makkah dan KKHI Madinah" jelasnya. 

"Hingga kemarin, jemaah yang masih dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) berjumlah 22 orang dan di Rumah Sakit Arab Saudi 54 orang," terangnya.

BACA JUGA:Pansus Angket Haji 2024 Dibentuk Jelang Masa Jabatan Berakhir, Cak Imin Optimistis Bisa Rampung Cepat

Menanti kepulangan ke Tanah Air, kata Widi, selain tetap menjaga kesehatan tubuh, jemaah diimbau untuk tetap memperhatikan kapasitas dan berat koper bagasi masing-masing. 

Kategori :