CrowdStrike Bikin Windows Blue Screen of Death Massal, Ini Cara Mengatasinya

Sabtu 20-07-2024,14:09 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Baru-baru ini, jutaan pengguna Windows di seluruh dunia mengalami kepanikan. Sebuah bug baru yang menyebabkan Blue Screen of Death (BSOD) telah membuat sistem mereka mati atau restart secara tiba-tiba.

Menurut laporan NDTV, Microsoft mengonfirmasi bahwa kesalahan ini disebabkan oleh pembaruan dari CrowdStrike. Sebuah perusahaan teknologi yang fokus pada keamanan siber.

CrowdStrike menyediakan layanan dan perangkat lunak untuk melindungi perusahaan dari berbagai ancaman siber seperti ransomware, malware, dan serangan lainnya.

BACA JUGA:Microsoft Perbaiki Sistem Update OS Windows 11, Install Update Tak Perlu Reboot

Masalah ini tidak hanya mengganggu pengguna biasa. Tetapi juga berdampak pada perusahaan, bank, dan kantor pemerintahan di seluruh dunia.


CROWDSTRIKE bikin Windows Blue Screen of Death massal, ini cara mengatasinya. Foto: Layar monitor di bandara Newark, New Jersey, menunjukkan gejala BSOD.-Bing Guan-Reuters via Guardian

Banyak pengguna membagikan gambar di media sosial yang menunjukkan layar mereka macet di halaman pemulihan dengan pesan error, menggambarkan tingkat frustrasi yang dialami akibat gangguan ini.

CrowdStrike mengakui adanya masalah pada produk Falcon yang mungkin menjadi penyebab BSOD massal yang terjadi pada 19 Juli 2024. Pengakuan itu disampaikan melalui keterangan resmi yang diunggah di website mereka.

"Tim engineer kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini. Sehingga pengguna tidak perlu melaporkannya ke layanan pelanggan," tulis CrowdStrike dalam pernyataannya.

BACA JUGA:Cara Ganti Kursor Windows Supaya Makin Meriah

Microsoft juga mengungkapkan bahwa upaya mitigasi mereka terus menunjukkan kemajuan. Informasi terbaru menunjukkan bahwa penyebab utama masalah telah berhasil diatasi. Meskipun pengguna masih merasakan dampak residual pada sejumlah layanan Microsoft.

"Penyebab utama telah diperbaiki. Namun, dampak sisa masih memengaruhi beberapa aplikasi dan layanan Microsoft 365. Kami sedang melakukan langkah mitigasi tambahan untuk memberikan bantuan," ungkap pihak Microsoft, seperti dikutip USA Today.

Apa itu Blue Screen of Death (BSOD)?


Crowdstrike bikin Windows Blue Screen of Death massal, ini cara mengatasinya. --Wikipedia

BSOD, alias Blue Screen of Death atau kesalahan kode STOP, adalah kondisi ketika Windows secara paksa mematikan atau me-restart sistem akibat masalah kritis yang tidak dapat diatasi.

Kategori :