5 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur yang Baik dan Efektif

Minggu 28-07-2024,10:55 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Guruh Dimas Nugraha

HARIAN DISWAY - Tidur adalah kebutuhan penting bagi manusia. Kegiatan tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Dengan tidur yang berkualitas, Anda bisa mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam. Dengan memastikan tidur yang cukup dan berkualitas, dapat berdampak positif pada kinerja dan aktivitas harian kita.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur atau tidur yang tidak nyenyak dapat mengakibatkan penurunan daya pikir, konsentrasi, dan kemampuan bekerja. Bagaimana cara mencegah hal-hal tersebut? Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memperoleh tidur berkualitas.

BACA JUGA:Bikin Tidur Lebih Berkualitas, Begini Cara Desain Kamar yang Tepat


5 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur yang Baik dan Efektif. Jaga pola tidur Anda. Orang dewasa sebaiknya tidur cukup, 8-9 jam setiap hari.-benzoix-freepik.com

1. Jaga Jadwal Tidur yang Konsisten

Menjaga jadwal tidur yang konsisten sangat penting untuk kesehatan dan kualitas tidur. Tubuh kita memiliki jam biologis internal yang dikenal sebagai ritme sirkadian, yang mengatur siklus tidur dan bangun.

Dengan menjaga jadwal tidur yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan, kita membantu mengatur ritme ini, sehingga lebih mudah untuk tertidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Cara melakukannya: Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Itu  membantu mengatur jam biologis internal dan memperbaiki kualitas tidur. Hindari tidur siang yang terlalu lama karena bisa mengganggu pola tidur malam Anda.

BACA JUGA:Begini Dampak Kurang Tidur pada Ibu Hamil

2. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Lingkungan tidur yang nyaman memainkan peran penting dalam kualitas tidur Anda. Kamar tidur yang gelap, tenang, dan sejuk dapat membuat Anda lebih mudah untuk rileks dan tertidur. Suhu kamar, kebisingan, dan cahaya semuanya dapat mempengaruhi seberapa baik Anda tidur.

Cara melakukannya: Pastikan kamar tidur Anda gelap dengan menggunakan tirai blackout atau penutup mata. Peredam suara atau mesin white noise dapat membantu mengurangi gangguan suara dari luar. Atur suhu kamar agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Idealnya sekitar 18-21 derajat celcius. Gunakan kasur dan bantal yang nyaman dan mendukung.

BACA JUGA:Ingin Tidur Berkualitas? Begini Pengaruh Posisi Tidur terhadap Kesehatan

3. Batasi Paparan Cahaya Biru Sebelum Tidur

Kategori :