Bikin Tidur Lebih Berkualitas, Begini Cara Desain Kamar yang Tepat

Bikin Tidur Lebih Berkualitas, Begini Cara Desain Kamar yang Tepat

Kamar memang jadi tempat istirahat setelah beraktivitas seharian. Pastikan desain kamar Anda sudah tepat agar tidur jadi lebih berkualitas. Ini caranya. --Dekortips

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Setelah menjalani aktivitas yang melelahkan seharian, berbaring di tempat tidur merupakan hal yang sulit untuk ditolak. Kamar tidur yang nyaman adalah hal esensial dan menjadikan Anda betah berlama-lama.

Jika suasana kamar Anda terasa membosankan, tidak ada salahnya untuk mengubahnya sedikit tanpa mengabaikan fungsional dan meningkatkan kualitas istirahat jadi lebih baik. 

Desain kamar punya peran penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung istirahat nyaman dan tidur berkualitas. Faktor-faktor seperti pencahayaan, warna dinding, penempatan furnitur, dan tekstil semuanya berkontribusi pada suasana keseluruhan kamar tidur.

BACA JUGA: Kos Mahal, Anak Muda Tokyo Pilih Tinggal di Apartemen Mikro Mungil, Hanya Selebar Tikar Dijejer Tiga!

Apakah Anda tertarik untuk mengubah ruang tidur menjadi tempat yang nyaman dan terlihat lebih fresh? Anda bisa saja memulai untuk memilih dekorasi yang estetik. Berikut, beberapa tip desain kamar yang bisa dicontoh agar tidur lebih berkualitas. 

1. Pilih warna yang menenangkan

Memilih warna yang menenangkan untuk kamar tidur bisa berdampak signifikan pada kualitas tidur Anda. Warna-warna tertentu memiliki efek psikologis yang kuat pada suasana hati dan tingkat stres.

Sehingga memilih palet yang tepat dapat membantu menciptakan lingkungan yang kondusif untuk istirahat dan relaksasi. Warna-warna yang umumnya dianggap menenangkan termasuk nuansa lembut seperti cream, hijau, dan abu-abu.

BACA JUGA: Begini Dampak Kurang Tidur pada Ibu Hamil

Selain itu, warna-warna yang terlalu cerah atau mencolok dapat merangsang pikiran dan membuat sulit untuk bersantai.

Warna-warna seperti merah atau oranye, yang umumnya dikaitkan dengan energi dan gairah, mungkin kurang cocok untuk kamar tidur karena dapat memicu kegelisahan dan meningkatkan detak jantung.

Oleh karena itu, memilih warna-warna lembut dan netral lebih dianjurkan untuk menciptakan suasana yang menenangkan.

BACA JUGA: Tidur Tepat Bisa Bikin Anda Terlihat Lebih Muda Secara Biologis Lo? Ini Kajian Studinya

2. Kendalikan pencahayaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: