Tidur Tepat Bisa Bikin Anda Terlihat Lebih Muda Secara Biologis Lo? Ini Kajian Studinya

Tidur Tepat Bisa Bikin Anda Terlihat Lebih Muda Secara Biologis Lo? Ini Kajian Studinya

Proses terjadinya mimpi saat tidur-iStock-

HARIAN DISWAY - Tidur selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan di ujung hari yang melelahkan. Di samping itu, tidur ternyata bisa membuat Anda terlihat lebih muda secara biologis.

Bagaimana cara tidur yang tepat untuk mendapatkan keuntungan itu?

Menurut jurnal terbaru Sleep Health, memiliki jadwal tidur yang konsisten dan stabil dapat membantu memperlambat usia biologis yang lebih tinggi. Itu dibandingkan orang yang memiliki jadwal tidur tidak konsisten.

BACA JUGA: Tidak Bisa Tidur Nyenyak? Coba Cek Makanan Apa yang Anda Konsumsi Sebelum Tidur

Penelitian itu dilakukan oleh Augusta University pada 6 ribu orang yang rata-rata berusia 50 tahun. Ia ingin melihat bagaimana pola tidur mereka.

Untuk menentukan usia biologis, penelitian itu menganalisis sampel darah mereka sebagai penanda kesehatan mereka. Seperti kadar kolesterol, diabetes dan penyakit ginjal.

Dari 6 ribu orang, sekitar 65 persen orang tidur selama tujuh hingga sembilan jam per malam. Sementara 16 persen orang tidur di bawah tujuh jam. Sisanya 19 persen tidur lebih dari sembilan jam.

Dikutip dari hasil penelitian jurnal Sleep Health bahwa parameter penyimpangan sehari-hari dalam tidur secara signifikan terkait dengan penuaan biologis dengan variabilitas tidur yang lebih besar.

Juga terkait ketidakteraturan tidur yang lebih besar, lebih banyak tidur mengejar ketinggalan, dan lebih banyak jetlag sosial terkait dengan penuaan biologis yang lebih cepat.

Hubungan signifikan dari ketidakteraturan tidur, tidur catch-up, dan jetlag sosial dengan indeks penuaan biologis tetap ada bahkan setelah penyesuaian untuk durasi tidur, efisiensi, dan titik tengah.

Cleveland Clinic pun setuju dengan pernyataan kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Jantung merupakan pusat yang harus dijaga.

Karena berdampak buruk pada hormon stres dan bisa mengarah pada naiknya tekanan darah. Selain itu bisa mempengaruhi kemampuan kognitif, juga kesehatan mental.

BACA JUGA: Lakukan 5 Hal ini Sebelum Tidur, Dijamin Nyenyak

Mempunyai pola hidup yang sehat sangat berpengaruh pada pola tidur baik yang konsisten karena bisa mengatur kapan harus berkegiatan dan kapan harus memberi badan waktu istirahat.

Selain itu bisa memberi waktu organ dalam untuk bekerja sesuai fungsi dan jamnya. Karena penyimpangan sehari-hari dalam tidur adalah faktor perilaku yang dapat dimodifikasi.

Dari temuan menunjukkan bahwa intervensi yang bertujuan meningkatkan keteraturan dalam pola tidur mungkin merupakan pendekatan baru untuk memperpanjang rentang hidup sehat. (Riviera Michelle)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: