Tidak Bisa Tidur Nyenyak? Coba Cek Makanan Apa yang Anda Konsumsi Sebelum Tidur

Tidak Bisa Tidur Nyenyak? Coba Cek Makanan Apa yang Anda Konsumsi Sebelum Tidur

Ilustrasi orang tidak bisa tidur karena mengkonsumi coklat sebelum tidur--iStock

HARIAN DISWAY – Tidur yang nyenyak memang sangat didambakan ketika sudah lelah menjalani hari yang panjang. Tapi apakah Anda termasuk orang yang sulit untuk sekadar tidur nyenyak di malam hari?

Menurut American Sleep Apnea Association, di seluruh negeri mencapai 70 persen orang dewasa yang melapor bahwa kurangnya jam tidur. Setidaknya satu malam dalam waktu sebulan.

Sementara 11 persen melaporkan kurang tidur di setiap malamnya. Nah, yang golongan ini tentunya sudah sangat mengganggu.

Praktisi perawat Benenden Health Cheryl Lythgoe kepada Huffington Post UK menyatakan bahwa jika Anda sudah mencoba tidur dengan bantuan obat tidur atau Anda lelah berjuang untuk tidur sepanjang malam, itu bisa jadi karena Anda makan makanan yang salah sebelum tidur.

Coba cek makanan apa yang Anda konsumsi sebelum tidur. Bisa jadi inilah penyebabnya yang tidak disadari. Kata Benenden Health, ada lima makanan yang membuat mata Anda kuat melek sepanjang malam.

Para ahli juga mencatat bahwa tidak boleh makan terlalu larut tetapi tidak juga tidur dalam kondisi kelaparan. Perlu dipantau ukuran porsi, dan menghindari kafein dan gula rafinasi terlalu dekat dengan jam tidur.

Apa saja lima makanan yang perlu dihindari sebelum tidur?

Cokelat

Makanan manis hanya membantu memperbaiki suasana hati Anda dan tidak  menjamin untuk tidur nyenyak dengan suasana hati yang baik karena cokelat.

Cokelat mengandung theobromine stimulant yang mampu meningkatkan detak jantung dan membuat Anda susah tidur.

Selain itu, tingginya kadar kafein pada cokelat juga dapat menyebabkan gerakat mata cepat (REM) lebih sering terjadi.

Itulah yang menyebabkan Anda terasa pusing keesokan harinya. Kandungan kafein lainnya pun harus dihindari empat hingga enam jam sebelum tidur, seperti kopi, teh dan minuman energi lainnya.

Keju

Penggemar keju pun sudah tidak perlu diragukan, bila perlu setiap yang dimakan harus disajikan bersama keju. Namun, keju merupakan salah satu makanan terburuk untuk dimakan sebelum tidur.

Keju tertentu mengandung kandungan tyramine dengan tingkat tinggi. Tyramine ini menyebabkan kelenjar adrenal melepaskan hormon ‘fight or fight’, yang justru meningkatkan mata kita untuk tetap terjaga selama beberapa jam.

Kari

Kari atau makanan pedas ini mengandung capsaicin yang tinggi. Bahan kimia ini cukup mengganggu untuk tidur dan mengganggu proses termoregulasi tubuh yakni mempertahankan suhu agar tetap normal.

Es krim

Terlalu banyak mengkonsumsi gula memang berdampak buruk pada tubuh. Termasuk juga mempengaruhi tidur.

Makanan manis mengirimkan kadar gula darah pada tubuh, akan berhenti jika Anda tidur. Lalu, penurunan gula darah bisa memberi sinyal pada adrenal ketika ada keadaan darurat pada tubuh.

Itu yang menyebabkan peningkatan kadar kortisol dan membangunkan tubuh Anda dari tidur.

Kentang Goreng

Kandungan garam yang berlebih bisa mengeringkan tubuh dan meningkatkan retensi air, yang dapat menyebabkan kelelahan.

Para ahli juga memberi peringatan bahwa mengkonsumsi makanan asin harus dihindari dua hinga tiga jam sebelum bertemu dengan kasur. (Riviera Michelle)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: new york post