Jokowi Minta Masyarakat Aktif Dilibatkan dalam Pengembangan IKN

Kamis 01-08-2024,01:00 WIB
Reporter : Afifah Alfina*)
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan keterangan pers terkait laporannya kepada Presiden Joko Widodo soal progres Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin, 29 Juli 2024.

“Hari ini, Pak Presiden sudah berkantor di IKN dan kami beruntung menjadi tamu pertama yang diterima oleh Bapak Presiden. Saya lengkap dengan para deputi, bahkan ditemani oleh Pak Menteri Perhubungan,” ujar Basuki saat membuka sesi keterangan pers kepada awak media.

Dalam pertemuannya dengan Jokowi, Basuki menyampaikan beberapa laporan. “Ada beberapa laporan progres kami berdua sebagai plt dan beliau (presiden) menanggapi dan memberi arahan,” katanya.


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berdiri di dekat embung MBH yang tergabung dalam poros kebangsaan di KIPP IKN, tampak Istana Negara di latar belakang-Kementerian PUPR-

BACA JUGA:Jokowi dan Perwakilan Pengusaha Lokal Bahas Peluang Bisnis di IKN

Pertama adalah soal pelibatan masyarakat dalam pembangunan IKN. “Utamakan partisipasi masyarakat, khususnya dalam penataan IKN. Jangan sampai masyarakat merasa terpinggirkan, tergusur, atau bahkan digusur,” papar Basuki.

Menurut Basuki, ada 256.000 lahan di IKN yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Oleh karena itu, Jokowi meminta agar masyarakat dapat dilibatkan secara aktif.

Kedua adalah mengenai investasi. “Soal investasi, IKN  ini akan menjadi contoh tata kelola manajemen pemerintahan yang baik dan cepat,” tutur Basuki.

BACA JUGA:PUPR Perbanyak Embung di IKN Untuk Wisata dan Bantu Turunkan Suhu

Ia turut mencontohkan dengan adanya penandatangan kerja sama antara OIKN dengan investor yang dilakukan dalam proses yang cepat. “Yang sudah dilakukan Bapak Presiden kemarin hari selasa tanggal 26 juli sudah ditandatangani  perjanjian kerjasama antara OIKN dengan investor ada 14,” ungkapnya.

Basuki juga memberikan bocoran bahwa minggu depan akan ada sekitar 5 perusahaan yang melakukan groundbreaking di IKN. "Nanti minggu depan kalau Pak Presiden kunjungan ke sini, itu ada groundbreaking lagi sekitar 5 (perusahaan),” ucap Basuki.

Kelima perusahaan yang akan melakukan groundbreaking antara lain, BCA, Intiland, Indogrosir, LGE, dan Swissbell.


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meninjau progres pembangunan Jalan Tol Solo - Yogyakarta di Jawa Tengah--Kementerian PUPR

BACA JUGA:Kementerian Perhubungan Siapkan Kapal Pinisi Untuk Wisata di IKN Mulai Agustus 2024

Selanjutnya, dalam kesempatan itu, Basuki juga membahas terkait Badan Usaha Milik Otorita (BUMO). “Badan Usaha Milik Otorita itu difokuskan untuk melakukan kegiatan yang mendukung menciptakan keramaian kota ini,” katanya.

Dirinya juga menambahkan bahwa BUMO nantinya akan mengelola pusat kegiatan hiburan seperti bioskop hingga kebun binatang.(*)

Artikel ini ditulis oleh Afifah Alfina, mahasiswa Universitas Airlangga, peserta Magang Reguler Harian Disway.

Kategori :