Kementerian Perhubungan Siapkan Kapal Pinisi Untuk Wisata di IKN Mulai Agustus 2024

Kementerian Perhubungan Siapkan Kapal Pinisi Untuk Wisata di IKN Mulai Agustus 2024

Kapal Pinisi Kenzo Toba yang diresmikan operasinya di Danau Toba.-kemenparekraf-

HARIAN DISWAY - Menteri perhubungan Budi Karya sumadi mengumumkan pengadaan kapal pinisi sebagai infrastruktur transportasi laut dan pariwisata di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kapal Pinisi ini akan mulai melayani perjalanan wisata di IKN pada 1 Agustus 2024, dengan tujuan mendukung pembangunan dan menarik lebih banyak operator kapal untuk pelayaran komersial.

BACA JUGA:Kereta Otonom ART IKN Siap Mengaspal di IKN Tanggal 5 Agustus 2024

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pelayaran kapal pinisi ini penting demi memperkenalkan IKN kepada masyarakat luas, terlebih potensi wisata di perairan Balikpapan, dan Penajam Paser Utara (PPU) sangat menarik untuk dinikmati.


Wisata Live On Board menggunakan Kapal Pinisi menikmati keindahan bawah laut. wisata ini juga bisa mengantarkan ke Pantai Pink yang populer dan beberapa wisata pantai indah di Labuan Bajo. -Pesona Indonesia-

“Jadi akan kita lihat Balikpapan, seperti Labuan Bajo, banyak kapal pinisi. Kita tahu Balikpapan memiliki destinasi wisata,ada konservasi orangutan, ada penangkaran buaya, ini bagian dari satu kegiatan pariwisata. Kami nanti akan kolaborasi dengan pemerintah provinsi maupun OIKN,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Senin, 29 Juli 2024.

BACA JUGA:Kata Jokowi Soal 'Malam Pertama' di IKN: Saya Tidur Tidak Nyenyak

BACA JUGA:Persiapan 76 Anggota Paskibraka Yang Akan Bertugas di IKN: Jalani Karantina Sejak 12 Juli

Untuk meninjau persiapan moda transportasi laut tersebut, Budi meninjau pelabuhan Punggur, Pelabuhan ITCI, dan Pusat Suaka Orangutan yang rencananya akan menjadi rute pelayaran kapal pinisi untuk kepentingan wisata di Balikpapan, khususnya menuju kawasan IKN.


Pemerintah ajak delegasi ASEAN nikmati sunset dari kapal pinisi yang sandar di Labuan Bajo-Foto : Kementerian PUPR -

BACA JUGA:Jajal Jalan Tol IKN, Jokowi Ajak Raffi Ahmad dan Para Influencer Touring Dengan Motor

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) perhubungan laut telah menyiapkan dua rute pelayanan kapal pinisi yakni dari Pelabuhan Semayang - Jembatan Pulau Balang (passing) - Dermaga PT ITCI KU (memutar) - Pelabuhan Semayang. Kemudian untuk rute yang berkebalikan yaitu Dermaga PT ITCI KU - Jembatan Pulau Balang (Passing) - Pelabuhan Semayang (memutar) - Dermaga PT ITCI KU.

BACA JUGA:Garuda Indonesia Teken Kerjasama Dengan OIKN, Perbanyak Penerbangan ke IKN Pada Periode HUT RI ke 79 Agustus Mendatang

Sepanjang perjalanan, wisatawan bisa menikmati berbagai pengalaman menarik, mulai dari wisata kuliner, kunjungan ke gedung serba guna dan Jembatan Pulau Balang. Kemudian hutan bakau, penangkaran orangutan, hingga melihat hewan endemik lainnya, seperti ikan pesut, bekantan sera buaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dephub.go.id