Persiapan 76 Anggota Paskibraka Yang Akan Bertugas di IKN: Jalani Karantina Sejak 12 Juli

Persiapan 76 Anggota Paskibraka Yang Akan Bertugas di IKN: Jalani Karantina Sejak 12 Juli

Pendaftaran Paskibraka Surabaya 2024 dibuka.-Dok Pemkot Surabaya -HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - Pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 yang akan dilakukan di 2 tempat, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Negara menjadi keistimewaan tersendiri.

Adanya perbedaan ini membuat beberapa persiapan upacara, salah satunya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menjadi sedikit berbeda.

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rima Agristina, menjelaskan hal ini dalam jumpa pers bertajuk “Kesiapan BPIP dan Calon Paskibraka Menyambut Upacara Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN” pada Jumat, 26 Juli 2024.

“Tahun ini agak sedikit berbeda karena dari bulan Januari untuk pelatihan dan seleksi disertai juga dengan pengecekan lokasi upacara yang baru, yaitu di (Ibu Kota) Nusantara,” ungkap Rima.

BACA JUGA:Jelang Upacara HUT RI ke-79, Satgas Infrastruktur IKN Pastikan Kesiapan Akses Jalan dan Air Bersih

Dari tahap seleksi, Rima mengatakan tidak ada perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya. Proses seleksi dilakukan berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat pusat.

Adapun beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui calon paskibraka adalah tes kesehatan di daerah masing-masing, tes pancasila, tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, pbb, tes kesehatan lebih lanjut, wawancara kepribadian minat bakat, dan psikotes.

“Saat ini sudah berada di pemusatan diklat di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Depok, Jawa Barat. Jumlahnya adalah 76 orang dari 38 provinsi masing-masing 1 pasang. Sudah di Cibubur sejak 12 Juli 2024,” papar Rima.

BACA JUGA:1.000 Warga Kaltim Diundang Upacara 17 Agustus di IKN



BACA JUGA:Bahlil Pastikan Prabowo Upacara 17 Agustus di IKN, Mayoritas Ruangan Istana Garuda Fungsional Akhir Juli

Selama di pusat diklat, 76 paskibraka akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan. Sistem pendidikan dan pelatihan ini disebut Desa Bahagia.

Tidak hanya mendapat pelatihan baris berbaris, mereka juga mendapat pembelajaran mengenai ideologi pancasila dan nilai kebangsaan.

“Sekarang mereka sudah masuk ke proses pelatihan baris berbasis, sudah masuk pada formasi upacara. Mudah-mudahan bisa diselesaikan dalam minggu depan sudah siap kemudian lanjut berangkat ke (Ibu Kota) Nusantara dan melaksanakan berbagai gladi,” kata Rima.

Dirinya turut mengatakan bahwa pada 9 Agustus 2023, paskibraka akan dikukuhkan oleh presiden di Jakarta. Setelah dikukuhkan, mereka akan berangkat ke IKN dengan 2 tahap penerbangan.

Uniknya, di upacara kali ini, merah putih akan dipindahkan dari Monas ke IKN oleh petugas pembawa baki tahun lalu.(*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: