Bahlil Pastikan Prabowo Upacara 17 Agustus di IKN, Mayoritas Ruangan Istana Garuda Fungsional Akhir Juli

Bahlil Pastikan Prabowo Upacara 17 Agustus di IKN, Mayoritas Ruangan Istana Garuda Fungsional Akhir Juli

Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia usai menunaikan ibadah solat IdulFitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal.-Intan Afrida Rafni-

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo memang batal ngantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada bulan ini. Tetapi, Jokowi dipastikan akan memimpin Upacara 17 Agustus di sana. Bahkan didampingi oleh Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih.

“Pak Prabowo akan upacara 17 Agustus di IKN Sekarang airport (bandara VVIP, Red) akan jadi sebelum 17 Agustus, kita akan mendarat di sana,” tegas Menteri Investasi Bahlil Lahadalia kepada wartawan setelah memberi Kuliah Umum di IPDN Jatinangor, Kamis, 11 Juli 2024.

Begitu pula dengan jalan tol di IKN segera rampung seluruhnya. Kini, tinggal sekitar 10 kilometer lagi ruas jalan tol yang harus diselesaikan.

BACA JUGA:IKN Tidak Selesai 100 Persen Agustus Nanti, Satgas: Cuma Bangunan Untuk Kepentingan Upacara

BACA JUGA:Proyek Molor, Jokowi Batal Pindah Kantor Ke IKN Bulan Ini

Andai belum bisa rampung, kata Bahlil, tidak akan jadi masalah. Sebab, rombongan bisa keluar langsung menuju jalan utama di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang sudah diaspal.

Bahlil pun membantah isu bahwa Prabowo ogah pindah ke IKN. Ia meminta semua pihak menunggu keputusan dari presiden terpilih periode 2024-2029 tersebut. “Kata siapa? Jangan pakai kata, informasi yang nggak benar. Insyaallah kok Pak Prabowo (pindah ke IKN),” tegasnya.


Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan lapangan upacara di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024.-Setneg-

Seperti diketahui, isu Prabowo tak jadi pindah ke IKN ramai diperbincangkan belakangan. Terutama sejak Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Soedradjad Djiwandono, membuat pernyataan yang menghebohkan. Bahwa pemerintahan Prabowo kelak bakal memprioritaskan program makan bergizi gratis ketimbang proyek IKN.

BACA JUGA:Jokowi Blusukan Ke Pasar Bulukumba dan Bantaeng, Berharap Bisa Jadi Pemasok Kebutuhan Pokok ke IKN

BACA JUGA:Makan Gratis dan IKN

Sementara itu, progres pembangunan lapangan Istana Garuda untuk Upacara HUT ke-79  RI sudah mencapai 82,37 persen.

Otorita IKN memastikan seluruh fasilitas dan infrastruktur pendukung siap sebelum 17 Agustus 2024. Pemerintah di bawah koordinasi Kementerian PUPR berupaya untuk menyelesaikan seluruh persiapan upacara kemerdekaan.

“Untuk kegiatan 17 Agustusan, kita akan fungsikan ruang-ruang mana yang fungsional memang akan dilakukan kegiatan di situ," kata Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam Santoso Ernawi dalam Konferensi Pers Kesiapan Infrastruktur PUPR Menjelang Pelaksanaan Upacara Bendera HUT RI ke-79 di IKN, kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: