Anugerah Patriot Jawi Wetan II: Tiga Desa/Kelurahan Terbaik dari Kabupaten Bojonegoro

Sabtu 03-08-2024,13:01 WIB
Reporter : Elsa Amalia Kartika Putri*)
Editor : Noor Arief Prasetyo

HARIAN DISWAY - Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh tiga pilar tingkat provinsi yakni, Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, serta Pemprov Jatim. Kegiatan ini juga menggandeng Harian Disway untuk keberlangsungannya. 

Jumat, 2 Agustus 2024, tim Seleksi APJW II 2024 sudah mulai menggelar penyeleksian tiga desa terbaik dari lima yang telah dikirimkan oleh masing masing kabupaten atau kota yang berada di Jawa Timur.

Kabupaten Bojonegoro adalah salah satu kabupaten yang menjadi bintang utama pada tahap penyeleksian hari pertama kemarin. Bukan tanpa sebab, dari lima delegasi yang dikirimkan dari daerah tersebut, semuanya memberikan penjelasan dan dokumentasi lengkap dari semua indikator yang tercantum dalam form pendaftaran. Tak hanya itu, program-program yang mereka sajikan juga cukup menarik dan bermanfaat bagi warga sekitarnya.

Taufiqurrahman, salah satu tim penyeleksi pusat APJW II 2024 mengatakan bahwa “Kami sampai bingung menentukan mana tiga terbaik dari lima desa/kelurahan yang dikirim tersebut”

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II: Seleksi Mencari 3 Tim dari Tiap Kabupaten/Kota

Meski pun cukup sulit menyeleksi tiga dari lima delegasi tersebut, karena persaingan yang begitu ketat di antaranya, juri harus mengambil keputusan. Ini lah tiga desa/kelurahan yang lolos seleksi  APJW II 2024 dari Kabupaten Bojonegoro:


Pelatihan Linmas yang dilakukan oleh bhabinkamtipmas dan babinsa di Desa Sidobandung--

Desa Sidobandung yang berasal dari Kecamatan Balen menjadi daerah pertama yang lolos seleksi. Selain hal wajib yang harus dilakukan oleh tiga pilar seperti pembinaan bela negara, dan administrasi desa yang memadai. Sidobandung juga mendukung program ketahanan pangan dengan adanya HIPPA, dan juga pendistribusian pupuk bersubsidi bagi warga yang diawasi langsung oleh tiga pilarnya. 

PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) terapung, juga termasuk inovasi desa/kelurahan yang bekerjasama dengan lembaga lain seperti PPNS yang cukup sukses dijalankan. Wisata air BABO atau sebuah embug juga menjadi nilai plus tersendiri dari Sidobandung, karena pengelolaannya yang baik dan keamanannya terjamin.

Linmas biasanya identik dengan bapak-bapak. Namun di Sidobandung memiliki keunikan dengan adanya linmas perempuan. Itu hanya segelintir program-program yang dimiliki desa/kelurahan ini. Mereka juga mencantumkan kegiatan program desa dalam bentuk foto dan paparan PowePoint.

BACA JUGA:Kekeringan, Polres Jombang Pasok 14.000 Liter Air dan Sembako di Desa Klitih


Kegiatan penyuluhan dengan cara jemput bola terhadap masyarakat Desa Karangpacar--

Kelurahan Karangpacar, Kecamatan Kota menjadi desa kedua yang menyusul lolos seleksi APJW II 2024 dari Kabupaten Bojonegoro. Inisiatif epik dari tiga pilarnya adalah pemasangan CCTV di beberapa titik lokasi daerah tersebut sehingga kejadian sekecil apapun yang terjadi dapat diketahui melalui keamanan berbasis elektronik tersebut yang dapat dengan mudah di akses hanya melalui handphone selama 24 jam. 

Sinergitas antarlembaga yang dilakukan oleh kelurahan ini mengandeng puskesmas setempat untuk penanganan ODGJ terlantar di sekitar daerahnya. 

Daerah dengan beragam pemeluk agama ini hidup berdampingan dengan tentram. Hal ini dapat dilihat dari beberapa dokumentasi yang dicantumkan oleh Kelurahan Karangpacar bahwa program-program yang mereka usung dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya dan tak meninggalkan aspek tiga pilar dalam setiap kegiatan yang dilakukannya.

Kategori :