Anugerah Patriot Jawi Wetan II: Seleksi Mencari 3 Tim dari Tiap Kabupaten/Kota

Anugerah Patriot Jawi Wetan II: Seleksi Mencari 3 Tim dari Tiap Kabupaten/Kota

AKBP Saswito, SE, MH, Kasubdit Binpolmas Direktorat Binmas Polda Jatim saat mengawasi proses seleksi.-Noor Arief-

HARIAN DISWAY -  Sejak Kamis 1 Agustus 2024, tim seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 mulai menggelar seleksi. Mereka akan menyaring lima desa dari tiap kota/kabupaten dan diambil tiga terbaik. Seleksi dilakukan di kantor Harian Disway, Jalan Wali Kota Mustajab, Surabaya.

AKBP Saswito, SE, MH, Kasubdit Binpolmas Direktorat Binmas Polda Jatim menjadi supervisi juri. Sesekali Saswito memberi masukan dan arahan kepada tim seleksi berdasar dokumen dan file yang dikirim oleh panitia APJW II 2024 tingkat kabupaten/kota. Saswito juga memastikan kasat binmas sudah mengirimkan isian yang diminta panitia.

Hingga Jumat 2 Agustus 2024, tim seleksi bisa menyelesaikan di tujuh kabupaten/kota. Yaitu Kabupaten Madiun, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ponorogo, Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Bojonegoro. Dari tiap kabupaten/kota, tim seleksi APJW II 2024 akan memilih tiga terbaik.

Ternyata menyeleksi lima tim menjadi tiga tim terbaik bukan hal mudah. Itu diakui salah satu tim seleksi, Taufiqurrahman. “Ada beberapa panitia daerah yang mengirim lima desa/kelurahan dan semuanya baik. Isian form dan video yang dilampirkan sangat mewakili paparan program-program mereka,” terang Taufik.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Jarak Jauh dan Cuaca Jadi Kendala di Sampang

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Inilah lima Perwakilan Kabupaten Situbondo

Taufik menyebut Bojonegoro sebagai kabupaten yang mengirim lima tim dan semua isianya bagus. “Kami sampai bingung menentukan mana tiga terbaik dari lima desa//kelurahan yang dikirim tersebut,” tandas Taufik lagi.

Tapi ada juga mengirim yang tidak sesuai dengan apa yang diminta. Tidak ada file yang dilampirkan atau tidak ada video yang disertakan. “Tentu untuk yang seperti ini, langsung kami eliminasi. Tapi sebelumnya, kami memberi kesempatan kepada kasat binmas untuk merevisi atau melengkapi dokumen,” kata Noor Arief, rekan Taufik dalam penjurian.

Untuk data yang perlu direvisi atau dilengkapi, tim masih memberikan kesempatan untuk perbaikan. 

Hingga kini, masih terkirim 10 kabupaten/kota yang mengirim hasil penjurian lapangan. Akan ada 39 hasil penjurian tingkat kabupaten/kota yang diseleksi. Kurang 29 panitia seleksi daerah yang belum mengirimkan hasil penjurian.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Inilah lima Perwakilan Kabupaten Situbondo

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Magetan Pilah Lima Desa Andalan

Penyeleksian juga berdasar tujuh aspek penilaian. Yaitu Pembinaan territorial aparat komando kewilayahan (pertahanan), Harkamtibmas, Pembangunan dan Pelayanan Publik, Sinergitas antar lembaga, partisipasi masyarakat, komunikasi publik dan pemanfaatan media, dan implementasi program nasional/provinsi.

Nantinya, tiga tim tiap kabupaten/kota ini akan mengikuti workshop terkait dengan pemberdayaan media sosial dan juga memaksimalkan publikasi. Setelah itu, akan dipilih 20 desa/kelurahan terbaik untuk dilakukan penjurian lapangan dan untuk penentuan juara dalam Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: