Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Magetan Pilah Lima Desa Andalan

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Magetan Pilah Lima Desa Andalan

Rapat koordinasi sosialisasi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 di Kabupaten Magetan. -Binmas Polres Magetan-

HARIAN DISWAY – Seleksi peserta Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW II) 2024 untuk wilayah Kabupaten Magetan menjadi cara untuk mengecek kesigapan dan sinergitas tiga pilar tingkat desa/kelurahan. Yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa/kelurahan. Tim juri lapangan dipimpin Ps Kasat Binmas Iptu Muhniriyanto.

Muhniriyanto tidak bekerja sendiri. Ada perwakilan Kodim 0804/Magetan dan dari Pemerintah Kabupaten Magetan yang bergabung. Ada Pasiter Kodim Kapten (Inf) Sunaryo dan Kadis Pemdes Kabupaten Magetan Eko Muryanto. Tiga personel mewakili tiga instansi ini bergerak menyeleksi 28 kelurahan dan 207 desa yang tersebar di 18 kecamatan.

Masing-masing personel juri seleksi lapangan tingkat kabupaten/kota ini mendapat tugas dari forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda). Mereka adalah Kapolres AKBP Satria Permana, Dandim Letkol (Inf) Hasan Dasuki, dan Pj Bupati Magetan Ir Hergunadi. Forkopimda inilah yang membentuk tim juri penilaian lapangan APJW II.


pengecekan data pendukung desa dalam seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 di Kabupaten Magetan.-Binmas Polres Magetan-

Selama penjurian lapangan, tim seleksi tetap memperhatikan tujuh aspek penilaian yang telah disepakagi. Yaitu Pembinaan territorial aparat komando kewilayanan (pertahanan), Harkamtibmas, Pembangunan dan Pelayanan Publik, Sinergitas antar lembaga, partisipasi masyarakat, komunikasi publik dan pemanfaatan media, dan implementasi program nasional/provinsi.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Kota Malang Gadang-Gadang Kelurahan Gadang

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Seleksi Sekaligus Edukasi di Kota Pasuruan

“Selama penjurian, memang banyak desa yang cukup potensian untuk mewakili Magetan. Pemerintah desa/kelurahan mendukung atas pelaksanaan penilaian Lomba APWJ II Tahun 2024. Ini yang membuat penjurian bisa lancar,” terang Muhniriyanto.

Kendati diakui beberapa desa/kelurahan yang harus didatangi tidak dekat. “Di sela-sela kegiatan masing-masing tim juri, kami akhirnya bisa memilih lima tim tiga pilar tingkat desa/kelurahan terbaik di Magetan,” tandas Muhniriyanto.

Selanjutnya, lima tim tiga pilar tingkat desa/kelurahan dari Kabupaten Magetan ini akan dikirim untuk seleksi tingkat lanjut. Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat provinsi. Mereka akan diseleksi lagi untuk ditandingkan dengan lima tim dari setiap kota/kabupatan di Jawa Timur.

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim. Sebagai aksi nyata pengabdian pada masyarakat oleh tiga pilar. Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Kekompakan Tim Seleksi Kabupaten Mojokerto

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tulungagung Coba Kandidat Baru

Sedang untuk penjurian tingkat lanjut akan diseleksi oleh dua akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) serta dari Harian Disway. Seleksi online digelar untuk menyeleksi perwakilan lima tim tiga pilar dari tiap kota/kabupaten. Mereka kemudian akan disaring menjadi 20 besar tiga pilar desa/kelurahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: