Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tulungagung Coba Kandidat Baru

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tulungagung Coba Kandidat Baru

salah satu desa di Tulungagung yang akan berlaga di Anugerah Patriot jawi Wetan II 2024.-Binmas Polres Tulungagung-

HARIAN DISWAY – Tim seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 wilayah Kabupaten Tulungagung mencoba peruntungan di APJW II. Tahun lalu di ajang yang sama, Tulungagung meraih juara 1 dan tiga pilar (Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa/kelurahan) mendapat hadiah ibadah umrah.

Pada perhelatan kedua ajang mencari tiga pilar desa terbaik ini, Tulungagung memilih Kelurahan Kenayan Kecamatan Tulungagung, Kelurahan Kepatihan Kecamatan Tulungagung, Desa Sumberjo Kulon Kecamatan Ngunut, Desa Karangsari Kecamatan Rejotangan, dan Desa Jarakan Kecamatan Gondang. 

Dikatakan Kasat Binmas Polres Tulungagung AKP Hery Poerwanto yang juga ketua tim seleksi daerah, pihaknya sengaja memilih desa lain dalam ajang ini. “Ini bukti bila Tulungagung tidak kehabisan desa/kelurahan dengan sejumlah inovasi,” terang Hery.


Salah satu desa di Kabupaten Tulungagung yang akan bertanding di Anugerah patriot Jawi Wetan II 2024.-Binmas Polres Tulungagung-

Diakui Hery, ada sedikit kesulitan saat menilai sesuai dengan aspek yang diminta. Ada tujuh aspek penilaian yaitu Pembinaan territorial aparat komando kewilayanan (pertahanan), Harkamtibmas, Pembangunan dan Pelayanan Publik, Sinergitas antar lembaga, partisipasi masyarakat, komunikasi publik dan pemanfaatan media, dan implementasi program nasional/provinsi.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sambang Desa dan Penjurian di Kabupaten Blitar

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Mental Juara, Gresik Kirim Para Juara

Selain Hery, tim juri juga melibatkan perwakilan dari polres, kodim, dan pemkab. Mereka adalah Aipda Ronni Suprayitno, Aipda Roni Santoso, Briptu Ilham Ismail, dari Kodim Tulungagung ada Kapten (Arm) Wasis Bintoro, Serma Bagus. Sedang dari pemkab diwakili oleh Plt Ka DPMD Tulungagung Iswahyudi dan Kasatpol PP Tulungagung Soni.

Kebijakan memilih kandidat lain juga sudah dilaporkan ke pimpinan tiga unsur negara tersebut. Yaitu Kapolres Tulungagung AKBP Muhammad Taat Resdi, Dandim Letkol (Czi) Nooris Agus Rinanto, dan Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno.

Selanjutnya, lima tim tiga pilar tingkat desa/kelurahan dari Kabupaten Tulungagung ini akan dikirim untuk seleksi tingkat lanjut. Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat provinsi. Mereka akan diseleksi lagi untuk ditandingkan dengan lima tim dari setiap kota/kabupatan di Jawa Timur.

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim. Sebagai aksi nyata pengabdian pada masyarakat oleh tiga pilar. Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Ngawi Pilah Desa yang Dipilih

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tanpa Kesulitan, Jember Tentukan 5 Desa/Kelurahan Terbaik

Sedang untuk penjurian tingkat lanjut akan diseleksi oleh dua akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) serta dari Harian Disway. Seleksi online digelar untuk menyeleksi perwakilan lima tim tiga pilar dari tiap kota/kabupaten. Mereka kemudian akan disaring menjadi 20 besar tiga pilar desa/kelurahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: