Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sambang Desa dan Penjurian di Kabupaten Blitar

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sambang Desa dan Penjurian di Kabupaten Blitar

Ketua tim penjurian lapangan Anugerah Patriot Jawi Wetan II Kabupaten Blitar Iptu Indrayana Pribadi mengecek kelengkapan desa yang diandalkan.-Binmas Polres Blitar-

HARIAN DISWAY – Ini adalah salah satu tugas yang cukup menyenangkan. Bisa keliling desa dan melihat potensi di desa tersebut. Melihat keharmonisan tiga pilar tingkat desa/kelurahan yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa/kelurahan. Itulah yang dirasakan tim juri lapangan tingkat daerah Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 di Kabupaten Blitar.

Ini diakui oleh ketua tim juri lapangan yang juga menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Blitar Iptu Indrayana Pribadi. Indra tidak sendiri tetapi dibantu dua anggota lain dari Kodim Blitar dan Pemkab Blitar. Dari Kodim ada Kapten Widoko dan dari Marudut Nadeak mewakili pemkab.

“Kami bisa mengunjungi desa yang menjadi obyek penilaian dan melihat langsung potensi yang ada di wilayah tersebut. Banyak potensi desa yang telah dikembangkan dan bisa dikembangkan lagi,” terang perwira pertama dengan dua balok emas di tanda kepangkatannya ini.


Pengarahan untuk kesiapan menggelar seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 di Kabupaten Blitar.-Binmas Polres Blitar-

Selain itu, tim juri bisa bertemu dengan masyarakat desa yang sangat antusias dalam menyukseskan kegiatan ini. “Itulah yang membuat tugas penilaian ini menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Ada beberapa desa yang cukup jauh untuk dijangkau namun menyenangkan,” tandas Indra lagi.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Ngawi Pilah Desa yang Dipilih

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tanpa Kesulitan, Jember Tentukan 5 Desa/Kelurahan Terbaik

Tiga anggota juri penilaian lapangan ini ditugaskan forkopimda untuk mencari lima desa/kelurahan terbaik. Tim ini menyeleksi dari 28 kelurahan dan 220 desa yang tersebar di 22 kecamatan. Kapolres Blitar AKBP Wiwit Adisatria, Dandim Blitar Letkol (Inf) Hendra Sukmana, dan Bupati Blitar Rini Syarifah lah yang menugaskan tiga tim juri penilaian lapangan untuk Kabupaten Blitar.

Selanjutnya, lima tim tiga pilar tingkat desa/kelurahan dari Kabupaten Blitar ini akan dikirim untuk seleksi tingkat lanjut. Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat provinsi. Mereka akan diseleksi lagi untuk ditandingkan dengan lima tim dari setiap kota/kabupatan di Jawa Timur.

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim. Sebagai aksi nyata pengabdian pada masyarakat oleh tiga pilar. Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Pamekasan dengan Banyak Kejutan

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Seleksi di Sumenep Melelahkan

Sedang untuk penjurian tingkat lanjut akan diseleksi oleh dua akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) serta dari Harian Disway. Seleksi online digelar untuk menyeleksi perwakilan lima tim tiga pilar dari tiap kota/kabupaten. Mereka kemudian akan disaring menjadi 20 besar tiga pilar desa/kelurahan. 

20 besar tim tiga pilar ini kemudian akan dilakukan penjurian lapangan yang juga melibatkan dua akademisi dari perguruan tinggi tersebut. Tim ini juga akan disupervisi oleh Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, dan Pemprov Jawa Timur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: