Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Seleksi di Sumenep Melelahkan

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Seleksi di Sumenep Melelahkan

Pengecekan administrasi untuk penilaian Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 di wilayah Kabupaten Sumenep. -Binmas Polres Sumenep-

HARIAN DISWAY – Menggelar kegiatan melibatkan tiga instansi memang tidak mudah. Inilah yang terjadi pada seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW II) 2024 di Sumenep. Memang perlu koordinasi yang sangat matang antara Polres Sumenep, Kodim Sumenep, dan Pemkab Sumenep.

“Tenaga yang terkuras sangat banyak,” kata Kasatbinmas AKP Moh Abd Kohar yang menjadi ketua tim juri penilaian lapangan.

Tapi dibantu anggota tim juri penilaian lapangan yaitu Ipda Iswahyudi, Aiptu Yanto Adi Saputro, Briptu M Syafril Rifandi dari Polres Sumenep, Serma Chairul Handiansyah dari Kodim Sumenep, dan Pemkab Sumenep diwakili Anwar Syahroni Yusuf, akhirnya penjurian bisa digelar tuntas.


Pengecekan fasilitas desa oleh Juri penilaian Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 di Sumenep.-Binmas Polres Sumenep-

Mereka ini akan mencari lima tiga pilar tingkat desa/kelurahan terbaik. Yaitu kolaborasi Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa/kelurahan. Mereka harus menyeleksi dari 4 kelurahan dan 330 desa yang tersebar di 27 kecamatan. Sangat luas.

Penjurian dan penyeleksian masih berlangsung di Sumenep. Ini karena waktu penjurian tingkat kabupaten/kota masih hingga akhir bulan Juli. Perkembangan penjurian ini diawasi langsung oleh forum komunikasi pimpinan daerah tingkat Sumenep.  Yaitu Kapolres Sumenep AKBP Henri Noveri Santoro, Dandim Letkol (Inf) Yoyok Wahyudi, dan Bupati Ach. Fauzi Wongsojudo.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Lamongan Cari Lima Desa Andalan

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: 5 Kelurahan dari 5 Kecamatan di Kota Probolinggo Siap Bersaing

Nantinya, tim juri APJW II 2024 ini akan memilih lima desa/kelurahan terbaik. Mereka lah yang akan dikirim untuk seleksi tingkat lanjut mewakili Sumenep. Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat provinsi. Mereka akan diseleksi lagi untuk ditandingkan dengan lima tim dari setiap kota/kabupatan di Jawa Timur.

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim. Sebagai aksi nyata pengabdian pada masyarakat oleh tiga pilar. Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

Sedang untuk penjurian tingkat lanjut akan diseleksi oleh dua akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) serta dari Harian Disway. Seleksi online digelar untuk menyeleksi perwakilan lima tim tiga pilar dari tiap kota/kabupaten. Mereka kemudian akan disaring menjadi 20 besar tiga pilar desa/kelurahan. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Serunya Seleksi Daerah di Jombang

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Inilah Lima Pilar Terbaik dari Bondowoso

20 besar tim tiga pilar ini kemudian akan dilakukan penjurian lapangan yang juga melibatkan dua akademisi dari perguruan tinggi tersebut. Tim ini juga akan disupervisi oleh Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, dan Pemprov Jawa Timur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: