Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: 5 Kelurahan dari 5 Kecamatan di Kota Probolinggo Siap Bersaing

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: 5 Kelurahan dari 5 Kecamatan di Kota Probolinggo Siap Bersaing

Penjurian lapangan di Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. -Dinsos Kota Probolinggo-

HARIAN DISWAY – Ini Probolinggo Kota. Kota pemekaran dari Pemkab Probolinggo yang ternyata lebih responsif menghadapi ajang Anugerah patriot Jawi Wetan II 2024. Mereka sudah menyiapkan lima desa terbaik untuk mengikuti ajang tingkat provinsi.

Lima desa ini dipilih dari lima kecamatan yang ada di kota tersebut. Mereka adalah Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kelapa kelurahan dari Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok; Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan; Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan; Kelurahan Sumber Taman, Kecamatan Wonoasih; dan Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran.

“Tahun lalu, Kelurahan kami yaitu Jrebeng Kidul masuk 10 besar dalam ajang. Tahun ini, kami pilih Jrebeng Wetan untuk diadu,” terang Dr Lucia Aries Yulianti, Kabid PPPA Dinas Sosial PPPA Kota Probolinggo, Minggu, 21 Juli 2024.


Rapat panitia seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 di Kota Probolinggo.-Dinsos Kota Probolinggo-

Kepanitiaan seleksi di Kota Probolinggo kota ini agak berbeda dengan daerah lain. Biasanya, personel dari polres yang menjadi ujung tombak pelaporan kegiatan tiga pilar ini. Termasuk tahun lalu. Dari dinas sosial pemkot lah yang lebih aktif.

Diakui Lucia, penilaian lapangan dilakukan di lima kelurahan pilihan pada saat siang hari. “Cuaca panas menjadi tantangan tersendiri dalam penjurian,” terangnya.

Kendala lain adalah saat penilaian lapangan, beberapa kelurahan belum menyiapkan bahan yang akan dipaparkan kepada penilai. “Termasuk dokumentasi program kegiatan yang menjadi pokok penilaian dalam penilaian APJW II 2024,” tandasnya.

Selain itu, indikator program nasional yang masih belum lengkap serta materi paparan yang belum tersedia. “Tapi akhirnya kami bisa membantu semaksimal mungkin untuk kelengkapan tersebut,” terang Lucia.

Diaku Lucia, saat penilaian lapangan terdapat inovasi pada beberapa kelurahan yang belum dijelaskan secara maksimal. Juga kurang didokumentasikan sehingga data-data inovasi masih kurang lengkap.

Tim juri ini dibentuk hasil hasil koordinasi antara Kapolres Probolinggo Kota AKBP Oki Ahadian Purwono, Dandim 0820/Probolinggo Letkol (Arm) Heri Budiasto, dan Pj Wali Kota Probolinggo Dr Nurkholis.

Ketiga pimpinan tingkat kabupaten/kota ini membentuk tim juri penilaian lapangan gabungan dari polres, kodim, dan pemkot. Hasilnya, selain Lucia Aries Yulianti ada juga Kasat Binmas AKP Mohamad Imam Syafi’I, Bripka Kharisma Hadi Susanto dari Polres Probolinggo Kota, lalu dari kodim ada Kapten (Arh) Murianto dan Kapten (Czi) Lalu Fahrial, serta Tri Setyo Anggodo dari pemkot.

Selanjutnya, lima tim tiga pilar hasil seleksi di Kota Probolinggo ini akan dikirim untuk seleksi tingkat lanjut. Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat provinsi. Mereka akan diseleksi lagi untuk ditandingkan dengan lima tim dari setiap kota/kabupatan di Jawa Timur.

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim. Sebagai aksi nyata pengabdian pada masyarakat oleh tiga pilar. Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

Sedang untuk penjurian tingkat lanjut akan diseleksi oleh dua akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) serta dari Harian Disway. Seleksi online digelar untuk menyeleksi perwakilan lima tim tiga pilar dari tiap kota/kabupaten. Mereka kemudian akan disaring menjadi 20 besar tiga pilar desa/kelurahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: