Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Lamongan Cari Lima Desa Andalan

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Lamongan Cari Lima Desa Andalan

Salah satu potensi pemberdayaan ekonomi masyarakat sedang dinilai oleh tim juri APJW II 2024 di Lamongan. -Binmas Polres Lamongan-

HARIAN DISWAY –  Seleksi peserta Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW II) 2024 juga dilakukan oleh tim juri daerah di kabupaten Lamongan. Kendati ada kendala, tapi tak mengurangi keseruan penjurian untuk mencari lima tim tiga pilar tingkat desa/kelurahan. Yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa/kelurahan.

“Indikator penilaian terlalu banyak dan kurang bisa dipahami oleh tiga pilar desa, “ kata ketua tim penilaian seleksi APJW II, Turkhan Badri, Minggu 21 Juli 2024.

Turkhan yang juga menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Lamongan ini menyadari banyaknya indikator karena memang lomba ini untuk mencari sinergitas tiga pilar terbaik. “Tentu indikator penilaian ini dari panitia APJW II tingkat provinsi. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, dan Pemprov Jatim,” tandas Turkhan lagi.


Tim Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 wilayah Lamongan sedang penjurian lapangan.-Binmas Polres Lamongan-

Selain Turkhan, tim juri juga melibatkan KBO Sat Binmas Iptu Sukardi, Kanit Binkamsa Aiptu Kasihadi, Pasiter Kodim 0812/Lamongan Kapten Yanto, Lettu Supriyadi. Juga melibatkan dua perwakilan dari Pemkab Lamongan. Yaitu Kabid Pemerintahan Mohammad Naim dan Kabag Pemdes Drs Lutfi Hadianto.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Batu Turun ke Lapangan Membantu Desa

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Banyuwangi Seleksi Awal dengan Zoom

Tapi kendati indikatornya banyak , tiga pilar yang didatangi tetap sangat antusias. Mereka menyiapkan kelengkapan untuk menilaian mulai dari dokumentasi dan data pendukung lainnya. “Kami akan maksimal untuk memilah tim tiga pilar dari 12 kelurahan dan 462 desa yang tersebar di 27 kecamatan ini menjadi lima terbaik,” kata Turkhan.

Sebelum dikirim untuk seleksi tingkat provinsi, hasil penjurian akan dilaporkan kepada tim pengawas juri yaitu Kapolres Lamongan AKBP Booby A Condroputra, Dandim 0812/Lamongan Letkol (Arh) Ketut Wira Purbawan, dan Bupati Dr Yuhronus Efendi. Forkopimda inilah yang membentuk tim juri penilaian lapangan APJW II.

Selanjutnya, lima tim tiga pilar tingkat desa/kelurahan dari Lamongan ini akan dikirim untuk seleksi tingkat lanjut. Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat provinsi. Mereka akan diseleksi lagi untuk ditandingkan dengan lima tim dari setiap kota/kabupatan di Jawa Timur.

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim. Sebagai aksi nyata pengabdian pada masyarakat oleh tiga pilar. Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tim Kabupaten Malang Tempuh Jarak yang Jauh

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Nganjuk Sudah Tunjuk Lima Terbaik

Sedang untuk penjurian tingkat lanjut akan diseleksi oleh dua akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) serta dari Harian Disway. Seleksi online digelar untuk menyeleksi perwakilan lima tim tiga pilar dari tiap kota/kabupaten. Mereka kemudian akan disaring menjadi 20 besar tiga pilar desa/kelurahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: