Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Banyuwangi Seleksi Awal dengan Zoom

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Banyuwangi Seleksi Awal dengan Zoom

Rapat tim juri Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 untuk wilayah Kabupaten Banyuwangi.-Binmas Polresta Banyuwangi-

HARIAN DISWAY – Medan di Banyuwangi juga cukup berat. Dan juga luas. Ada 28 kelurahan dan 189 desa yang tersebar di 25 kecamatan. Butuh energi besar untuk memilah semua tiga pilar tingkat desa/kelurahan. Untungnya, seleksi awal dilakukan melalui zoom.

Itu pula yang dilakukan oleh tim penjurian Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW II) 2024 yang dipimpin oleh Kasatbinmas Polresta Banyuwangi Kompol Toni Irawan dengan anggota Kanit Bhabinkamtibmas Satbinmas AKP Karnoto, Pasiter Kodim 0825 Banyuwangi Kapten Sumitro, dan Sekdin DPMD Kab Banyuwangi Drs M Ridlo. “Dengan seleksi awal seperti ini, tim juri bisa bergerak lebih efektif,” terang Toni, Sabtu, 20 Juli 2024.

Tentu Toni telah mengikuti arahan juri pengawas APJW II tingkat kota/kabupaten yang terdiri dari Kapolresta Banyuwangi Kombes Nanang Haryono, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol (Arh) Joko Sukoyo, Bupati Banyuwangi Hj Ipuk Fiestiandani.


Seleksi awal melalui zoom meeting dilakukan juri Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 di Kabupaten Banyuwangi.-Binmas Polresta Banyuwangi-

Kendati demikian, tetap ada kendala yang ditemui tim juri seleksi tingkat kota/kabupaten ini. Termasuk pemenuhan administrasi dan dokumentasi lomba yang membutuhkan motifasi dan kesabaran. “Juga untuk mengumpulkan tim penilai perlu koordinasi dan kerja sama yang baik. Kegiatan masing-masing instansi juga membuat waktu penjurian harus menyesuaikan,” kata Toni lagi. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Gebyar Seleksi di Kota Blitar

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Pilar Kabupaten Pasuruan Semangat Ikuti Seleksi

Tantangan lain yang tak kalah seru adalah saat meninjau lapangan. Butuh energi ekstra untuk menjalaninya. Medan terjal dan jarak yang berjauhan menjadi tantangan tersendiri. “Tapi tugas tetap harus dilakukan. Kami akan memilih lima tim tiga pilar yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa/kelurahan terbaik,” jelas Toni lagi.

Selanjutnya, lima tim tiga pilar tingkat desa/kelurahan itu akan dikirim untuk seleksi tingkat lanjut. Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat provinsi. 

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim. Sebagai aksi nyata pengabdian pada masyarakat oleh tiga pilar. Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Mojokerto Kota, Tidak Luas tapi Bikin Puas

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tuban Cari Lima Tim Tiga Pilar terbaik

Sedang untuk penjurian tingkat lanjut akan diseleksi oleh dua akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) serta dari Harian Disway. Seleksi online digelar untuk menyeleksi perwakilan lima tim tiga pilar dari tiap kota/kabupaten. Mereka kemudian akan disaring menjadi 20 besar tiga pilar desa/kelurahan. 

20 besar tim tiga pilar ini kemudian akan dilakukan penjurian lapangan yang juga melibatkan dua akademisi dari perguruan tinggi tersebut. Tim ini juga akan disupervisi oleh Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, dan Pemprov Jawa Timur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: