Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tuban Cari Lima Tim Tiga Pilar terbaik

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tuban Cari Lima Tim Tiga Pilar terbaik

Tiga pilar yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa/kelurahan di Tuban sedang dinilai oleh tim juri Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024.-Binmas Polres Tuban-

HARIAN DISWAY – Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat kabupaten/kota juga dilakukan di Tuban. Di kota yang berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah ini, tim juri gabungan dibentuk oleh Kapolres AKBP Oscar Syamsuddin, Dandim 0811/Tuban Letkol (Inf) Dicky Purwanto, dan Bupati Aditya Halindra Farizky.

Mereka memilih lima desa/kelurahan dengan tiga pilar terbaik. Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa/kelurahan. Ada 17 kelurahan dan 311 desa tersebar di 20 kecamatan yang menjadi sasaran tim juri penilaian yang dipimpin oleh Kasatbinmas AKP Sumiaju.

Dalam penjurian di lapangan, Samiaju dibantu oleh Iptu Nono Puji K dari polres, Kapten (Inf) Dodi Anang dari kodim, dan Pemkab Tuban diwakili oleh Toni Efendi. Empat tim juri ini yang mendatangi desa/kelurahan untuk melakukan penilaian sesuai dengan indikator penilaian.


Penjurian di lapangan seleksi tingkat daerah Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 di Tuban.-Binmas Polres Tuban-

“Alhamdulillah kegiatan penilaian mayoritas peserta terutama yang sudah terpilih sangat antusias sekali dalam mengikuti tahap seleksi dan penilaian,” terang Samiaju, Jumat, 19 Juli 2024.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Medan Keras Bangkalan Bukan Halangan

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: 27 Kelurahan di Madiun Kota Diseleksi

Diakui, selama penjurian di lapangan ada beberapa tim tiga pilar yang kurang berkontribusi aktif dalam mempersiapkan penilaian APJW. “Memang tidak mudah menyamakan persepsi dan pengabdian dari liga lembaga ini. Tapi selama penilaian, banyak kami temukan inovasi yang dilakukan. Baik terkait dengan pelayanan masyarakat maupun terkait dengan perekonomian,” tandas Samiaju lagi.

Tapi ada juga temuan di lapangan saat penjurian, tim desa malah belum siap dinilai. “Tapi itu sudah menjadi risiko tim juri. Kami sudah mulai bisa memilah dan memilih lima tim desa/kelurahan yang akan mengikuti seleksi tingkat provinsi. Nanti akan diputuskan dalam sidang pleno juri daerah siapa yang mewakili Tuban dalam Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024,” jelas Dodi Anang menambahkan.

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Kediri Kota Sudah Tunjuk 5 tim Tiga Pilar Andalan

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Dua Desa di Kabupaten Probolinggo mulai Unggul

Sedang untuk penjurian tingkat lanjut akan diseleksi oleh dua akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) serta dari Harian Disway. Seleksi online digelar untuk menyeleksi perwakilan lima tim tiga pilar dari tiap kota/kabupaten. Mereka akan disaring menjadi 20 besar tiga pilar desa/kelurahan. 

Nantinya, 20 besar tersebut akan dilakukan penjurian lapangan yang juga melibatkan dua akademisi dari perguruan tinggi tersebut. Tim ini juga akan disupervisi oleh Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, dan Pemprov Jawa Timur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: