Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Dua Desa di Kabupaten Probolinggo mulai Unggul

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Dua Desa di Kabupaten Probolinggo mulai Unggul

Pengolahan sampah menjadi pupuk organic di Desa Sumberkerang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo menjadi salah satu inovasi yang dinilai tim juri Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat kota/kabupaten.-Binmas Polres Probolinggo-

HARIAN DISWAY – Dalam upaya mempersiapkan desa-desa terbaik untuk mengikuti Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW II) 2024, tim penilai yang terdiri dari Polres Probolinggo, Pemerintah Kabupaten Probolinggo, dan Kodim 0820 Probolinggo menyeleksi tiga pilar di 330 desa/kelurahan di wilayahnya.

Seleksi awal oleh tim juri gabungan dari Polres Probolinggo, Kodim 0820 Probolinggo, dan Pemkab Probolinggo sudah mulai menyerucut siapa desa/kelurahan yang akan terpilih menjadi lima terbaik untuk selanjutnya diselekti tim juri tingkat provinsi.

“Hingga saat ini masih ada dua yang cukup menonjol dari desa yang sudah kami nilai beberapa hari ini. Yaitu Desa Sumberkerang di Kecamatan Gending dan Desa Clarak di Kecamatan Leces,” kata Kasat Binmas Polres Probolinggo Iptu Purwo Sudar Utomo, ketua tim penilai lapangan tingkat kabupaten/kota, Rabu, 17 Juli 2024.

Tim penilai ini tidak hanya melibatkan polres melainkan dua institusi lain. Ada Kepala Bidang Pemberdayaan Kemasyarakatan dan Potensi Lembaga Desa Dinas PMD Kabupaten Probolinggo Farhan Hidayat dan serta Pasi Pers Kodim 0820 Probolinggo Kapten Inf Muriyanto

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: 353 Tim Tiga Pilar Desa/Kelurahan di Sidoarjo Bersaing

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tim Seleksi Daerah Bojonegoro Sigap Bergerak

Kedatangan mereka pun disambut oleh tiga pilar desa—Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa—yang merupakan representasi utama dalam penilaian APJW II 2024.

APJW II 2024 adalah ajang penghargaan bergengsi yang diselenggarakan oleh tiga lembaga tingkat provinsi. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, dan Pemprov Jawa Timur. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan apresiasi kepada desa/kelurahan yang menunjukkan kinerja unggul dalam berbagai bidang. 


Penilaian lapangan oleh tim juri Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat kota/kabupaten di Desa Clarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.-Binmas Polres Probolinggo-

Penilaian ini meliputi aspek keamanan dan ketertiban masyarakat, pembangunan, pelayanan publik, serta penguatan ketahanan nasional.  Kompetisi ini juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan kepala desa/kelurahan dalam mendukung pembangunan dan keamanan desa.

Selama kegiatan penilaian, tim mengevaluasi berbagai aspek di Desa Sumberkerang dan Desa Clarak. Mereka juga menilai bagaimana tiga pilar desa bekerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban, memajukan pembangunan desa, serta memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien. 

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (1): Pemenang Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023 Dilepas Dirbinmas Polda Jatim

BACA JUGA:Polda Jatim Lepas Tiga Pilar Desa Kendalbulur, Peraih Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023, Umroh ke Tanah Suci

Penilaian ini juga mencakup inovasi yang diterapkan oleh desa dalam berbagai program pembangunan dan partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: