Umrah Bersama Mabruro (1): Pemenang Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023 Dilepas Dirbinmas Polda Jatim

Umrah Bersama Mabruro (1): Pemenang Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023 Dilepas Dirbinmas Polda Jatim

Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Asep Irpan Rosadi (dua dari kiri) melepas tiga pilar Desa Kendalbulur, Tulungagung, Bhabinkamtibmas Aipda Agus Wahyudi (kiri), Kades Anang Mustofa, dan Babinsa Serma Rony Setiawan yang berangkat umrah 16 November 2023. -FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

Pemenang pertama Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023 hari ini, 16 November 2023, berangkat ke tanah suci. Mereka melaksanakan ibadah umrah bersama biro haji dan umrah Mabruro. Itu adalah hadiah yang mereka terima pada awarding night di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, 20 September 2023 lalu.

---

ANUGERAH Patriot Jawi Wetan 2023 merupakan penghargaan bagi kolaborasi tiga pilar desa yakni: kepala desa, babinsa, dan bhabinkamtibmas. Diselenggarakan oleh Pemprov Jatim, Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, dan Harian Disway

Pemenangnya mendapatkan tiket umrah persembahan dari Mabruro, biro haji dan umrah yang berkantor pusat di Perumahan Puri Surya Jaya, Gedangan, Sidoarjo. Hadiah yang diserahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa itu diraih oleh tiga pilar dari Desa Kendalbulur, Tulungagung. 

Patriot itu adalah Kepala Desa Anang Mustofa, Babinsa Serma Rony Setiawan, dan Bhabinkamtibmas Aipda Agus Wahyudi. Rabu, 15 November 2023, mereka dilepas oleh Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Asep Irpan Rosadi yang Direktur Utama Harian Disway Tomy Gutomo di Mapolda Jatim.

"Semoga perjalanan umrahnya lancar. Kami ucapkan selamat pada Anda bertiga sebagai tiga pilar inspiratif," ungkap Kombes Asep. Kemudian ia menanyakan tentang berbagai kegiatan yang dilakukan tiga pilar Desa Kendalbulur.


Tiga pilar Desa Kendalbulur, Tulungagung, menjadi juara 1 Anugerah Patriot Jawi Wetan dan mendapat hadiah umrah dari Mabruro yang diserahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, 20 September 2023. -FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

Kepala Desa Anang memaparkan bahwa Kota Tulungagung baru saja menjadi tuan rumah Jambore BUMDesa. Acara itu dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.  "Bertempat di desa kami, Kendalbulur. Tepatnya di Nangkula Park, pada 12 November lalu," ujarnya. 

Acara Jambore BUMDesa berlangsung sukses, sehingga membuktikan bahwa Kendalbulur dapat menjadi tuan rumah yang baik. Bagi Anang, itu merupakan salah satu bentuk kontribusi tiga pilar.

Lantas ia menyebut bahwa saat ini sedang merampungkan konsentrasi desa, terkait kegiatan pengentasan stunting.

"Kami memberi asupan gizi untuk anak stunting. Juga, bagi ibu-ibu Resti atau Risiko Tinggi. Itu yang kami lakukan dan harus selesai akhir tahun ini. Selanjutnya, program tersebut kontinuitas. Tiga pilar berkomitmen untuk hal tersebut," ungkap kepala desa 41 tahun itu.


Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Asep Irpan Rosadi dan tim Harian Disway melepas tiga pilar Desa Kendalbulur, Tulungagung, untuk umrah. -FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

Pun, mereka terus melakukan program Bunda Asik. Yakni pemberian reward seekor kambing bagi ibu yang baru melahirkan, dan memberikan ASI  eksklusif sampai bayinya berusia 6 bulan. "Itu juga sebagai upaya pencegahan stunting," terangnya.

Kombes Asep mengapresiasi upaya itu. Ia berharap, Desa Kendalbulur bisa menjadi percontohan bagi desa-desa lain. "Terus bekerja untuk masyarakat. Transparan, terbuka dan jaga terus prestasi itu," ujarnya, kemudian ditanggapi oleh ketiga pilar dengan kompak, "Siap!".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: