Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Pilar Kabupaten Pasuruan Semangat Ikuti Seleksi

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Pilar Kabupaten Pasuruan Semangat Ikuti Seleksi

Tim juri Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 untuk wilayah Kabupaten Pasuruan sedang meninjau hasil sinergitas tiga pilar tingkat desa/kelurahan.-Binmas Pasuruan-

HARIAN DISWAY – Geliat penjurian seleksi tiga pilar tingkat kota/kabupaten juga terlihat di Kabupaten Pasuruan. 24 kelurahan dan 341 desa yang tersebar  di 24 kecamatan dinilai oleh tim juri daerah Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024. Mereka mencari lima tim tiga pilar tingkat desa/kelurahan terbaik.

Tim juri daerah sudah dibentuk oleh tiga pilar tingkat kabupaten/kota. Yaitu Kapolres Pasuruan  AKBP Teddy Chandra, Dandim 0819/Pasuruan Letkol (Arh) Noor Iskak, dan Pj Bupati Pasuruan Dr Andriyanto. Ketiga pimpinan itu menunjuk Kasat Binmas Polres Pasuruan AKP Nanang Abidin sebagai ketua tim juri lapangan.

Nanang dibantu oleh KBO Binmas Polres Pasuruan Ipda Djoko Yulianto, Pers Dim 0819/Pasuruan Lettu (Inf) Muklis, dan Kepala BakesBangPol Pasuruan Edy Supritanto. Empat tim inilah yang menilai sinergitas tiga pilar tingkat desa/kelurahan. Yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa/kelurahan. 


Rapat koordinasi tim seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 untuk wilayah Kabupaten Pasuruan. -Binmas Pasuruan-

Diakui Nanang, ada keseruan saat penjurian di lapangan. Tim juri bisa melihat langsung inovasi pelayanan publik dan juga pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Termasuk menerima masukan dari jajaran untuk peningkatan pelayanan,” terang Nanang, Jumat, 19 Juli 2024.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Mojokerto Kota, Tidak Luas tapi Bikin Puas

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tuban Cari Lima Tim Tiga Pilar terbaik

Diakui Nanang, pihaknya merasa bangga dengan dukungan tiga pilar di tingkat desa/kelurahan. “Mereka sangat antusias setiap tim datang. Itu yang membuat kami sebagai tim juri bangga,” tandas Nanang lagi.

Sejumlah aspek penilaian juga sudah dilakukan. Ketahanan pangan, fasilitas desa, pelayanan desa, harkamtibmas yang kondusif, dan pembinaan BUMDES. “Nanti tim juri akan bersidang untuk menentukan siapa lima desa/kelurahan yang akan kami kirim ke seleksi tingkat provinsi dalam rangka Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024,” tutup Nanang.

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim. Sebagai aksi nyata pengabdian pada masyarakat oleh tiga pilar. Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Medan Keras Bangkalan Bukan Halangan

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: 27 Kelurahan di Madiun Kota Diseleksi

Sedang untuk penjurian tingkat lanjut akan diseleksi oleh dua akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) serta dari Harian Disway. Seleksi online digelar untuk menyeleksi perwakilan lima tim tiga pilar dari tiap kota/kabupaten. Mereka akan disaring menjadi 20 besar tiga pilar desa/kelurahan. 

20 besar tim tiga pilar ini kemudian akan dilakukan penjurian lapangan yang juga melibatkan dua akademisi dari perguruan tinggi tersebut. Tim ini juga akan disupervisi oleh Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, dan Pemprov Jawa Timur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: