Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Ngawi Pilah Desa yang Dipilih

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Ngawi Pilah Desa yang Dipilih

Desa Karangtengah Prandon Kecamatan Ngawi yang diandalkan UMKM keripik tempe. -Binmas Polres Ngawi-

HARIAN DISWAY – Lima desa/kelurahan terbaik dari Kabupaten Ngawi juga sudah terpilih. Luar biasanya, tidak hanya dipilih tapi desa/kelurahan andalan itu juga sudah dipilah sesuai dengan kemampuan wilayah. Ini dikatakan oleh ketua tim penjurian lapangan Anugerah Patriot Jawi Wetan II ((APJW II) 2024 wilayah Ngawi AKP Agus Purwanto.

Agus yang juga menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Ngawi ini sudah membagi lima desa terbaik pilihan tim juri lapangan. Tim juri lainnya adalah Kanit BBKTM Ipda Eko Wahono, Pasiops Kodim 0805/Ngawi Kapten (Czi) M. Nur Volazohi, dan Kabagpem Kabupaten Ngawi Achmad Roy Rozano. Merekalah yang telah bekerja keras di lapangan.

Awalnya, mereka harus menyeleksi tiga pilar tingkat desa/kelurahan (Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Kepala desa/kelurahan) di 4 kelurahan dan 213 desa yang tersebar di 19 kecamatan. Setelah dilakukan penjurian lapangan terpilih lima desa terbaik. Tidak hanya terpilih, lima desa itu pun sudah dipilah sesuai dengan potensi desa yang diberdayakan secara maksimal.


Perwakilan Forkopimda Kabupaten Ngawi saat rapat koordinasi seleksi peserta Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024.-Binmas Polres Ngawi-

Lima desa tersebut adalah Desa Girimulyo Kecamatan Jogorogo yang unggul di wisata desa; Desa Sidolaju Kecamatan Widodaren dijagokan sebagai desa preemtif; Desa Karangtengah Prandon Kecamatan Ngawi dengan UMKM keripik tempe; Desa Sukowiyono Kecamatan Padas sebagai desa ketahanan pangan, dan Desa Kendung Kecamatan Kwadungan sebagai desa tanggap bencana.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Pamekasan dengan Banyak Kejutan

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Seleksi di Sumenep Melelahkan

Selama penjurian, tim sangat kagum dan bangga melihat upaya pemerintahan desa dan warga masyarakat yang antusias memajukan desa. “Termasuk penanganan stunting, pemerataan pendidikan, dan pemasaran UMKM,” terang Agus Purwanto.

Kekaguman juga terlihat saat tim juri menyaksikan perangkat desa dan relawan Rescue yang siap, sigap, dan tanggap terhadap bencana. Terutama bencana banjir dengan peralatan dan perlengkapan yang selalu siap. “Pengabdian mereka ini sangat luar biasa,” papar Agus.

Agus juga mengatakan, lima desa terpilih ini sudah dilaporkan kepada forkopimda Ngawi. Yaitu Kapolres Ngawi AKBP Dwi Sumrahadi Rahmanto, Dandim 0805/Ngawi Letkol (Arm) Didik Kurniawan, dan Bupati Ngawi H Ony Anwar Harsono. Forkopimda inilah yang membentuk tim juri penilaian lapangan APJW II.

Selanjutnya, lima tim tiga pilar tingkat desa/kelurahan dari Kabupaten Ngawi ini akan dikirim untuk seleksi tingkat lanjut. Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat provinsi. Mereka akan diseleksi lagi untuk ditandingkan dengan lima tim dari setiap kota/kabupatan di Jawa Timur.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Medan Ponorogo yang Berliku dan Menanjak

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Kabupaten Madiun Siap Kirim 5 Tim Desa/Kelurahan Terbaik

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim. Sebagai aksi nyata pengabdian pada masyarakat oleh tiga pilar. Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: