Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Kabupaten Madiun Siap Kirim 5 Tim Desa/Kelurahan Terbaik

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Kabupaten Madiun Siap Kirim 5 Tim Desa/Kelurahan Terbaik

Salah satu faslitias desa yang sedang dinilai oleh tim seleksi daerah Anugerah Patriot Jawi Wetan II untuk wilayah Kabupaten Madiun.-Binmas Polres Madiun-

HARIAN DISWAY – Seleksi peserta Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW II) 2024 juga dilakukan di Kabupaten Lamongan. Seleksi penilaian berbarengan dengan kegiatan yang cukup besar di Madiun. Kegiatan sejumlah perguruan pencak silat yang menggelar prosesi di bulan Suro. 

“Memang itu menjadi salah satu kendala yang kami hadapi. Sehingga penilaian memerlukan koordinasi waktu yang tepat antara dari Kodim, Polres, dan Pemkab Madiun. Untungnya, seleksi di Kabupaten Madiun sudah selesai dilaksanakan,” terang Kasat Binmas AKP Miftahudin yang menjadi ketua tim penjurian lapangan.

Anggota tim penjurian lapangan juga melibatka Kaurbinops Sat Binmas Iptu Suparni, Pasiter Kodim Madiun Kapten Sutomo, dan Kabid Pemerintahan Desa Kabupaten Madiun Iwan Adry Setiyo Budi. Empat anggota penjurian lapangan ini menyeleksi 8 kelurahan dan 198 desa yang tersebar di 15 kecamatan.


Tim juri lapangan Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 untuk Kabupaten Madiun menggelar rapat koordinasi.-Binmas Polres Madiun-

“Seleksi awal adalah seleksi administrative untuk menyaring dan melihat inovasi atau pelaksanaan program pemerintah di desa/kelurahan tersebut. Setelah itu, kami penjurian di lapangan untuk memastikan kesamaan antara dokumentasi pelaporan dan kenyataan di lapangan,” kata Miftahudin lagi.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Lamongan Cari Lima Desa Andalan

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: 5 Kelurahan dari 5 Kecamatan di Kota Probolinggo Siap Bersaing

Hasil penjurian lapangan di Kabupaten Madiun telah dipilih lima tim tiga pilar tingkat desa/kelurahan. Mereka adalah Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa/kelurahan. Lima desa terbaik dari Kabupaten Madiun adalah  Desa Krandegan, Kecamatan Kebonsari; Desa Sumberbening, Kecamatan Balerejo; Desa Morang, Kecamatan Kare; Desa Bacem, Kecamatan Kebonsari; dan Desa Sendangrejo, Kecamatan Madiun.

Terpilihnya lima desa tersebut sudah dilaporkan ke tim juri pengawas Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024. Yaitu Kapolres AKBP Muhamad Ridwan, Dandim 0803/Madiun Letkol (Inf) Helmy Meina, dan Pj Bupati Madiun Ir Tontro Pahlawanto. Forkopimda inilah yang membentuk tim juri penilaian lapangan APJW II.

Selanjutnya, lima tim tiga pilar tingkat desa/kelurahan dari Kabupaten Madiun ini akan dikirim untuk seleksi tingkat lanjut. Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat provinsi. Mereka akan diseleksi lagi untuk ditandingkan dengan lima tim dari setiap kota/kabupatan di Jawa Timur.

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim. Sebagai aksi nyata pengabdian pada masyarakat oleh tiga pilar. Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Serunya Seleksi Daerah di Jombang

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Inilah Lima Pilar Terbaik dari Bondowoso

Sedang untuk penjurian tingkat lanjut akan diseleksi oleh dua akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) serta dari Harian Disway. Seleksi online digelar untuk menyeleksi perwakilan lima tim tiga pilar dari tiap kota/kabupaten. Mereka kemudian akan disaring menjadi 20 besar tiga pilar desa/kelurahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: