Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Mental Juara, Gresik Kirim Para Juara

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Mental Juara, Gresik Kirim Para Juara

Tiga pilar dari lima desa terpilih dari Gresik yang siap untuk seleksi APJW II 2024 tingkat provinsi.-Binmas Gresik-

HARIAN DISWAY – Kabupaten Gresik bukan lawan yang ringan dalam Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024. Pasalnya, tim yang akan dikirim untuk seleksi tingkat provinsi sudah mental suara. Mantan juara di ajang serupa. Ada juara Babinsa Brawijaya Award 2023 dan Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023, tahun lalu.

Ada nama Serka Izza Elmy Babinsa di Desa Giri, Kecamatan Giri. Anggota Kowad yang juga istri dari anggota kepolisian ini adalah pemenang lomba Babinsa Brawijaya awards 2023. Ajang ini hasil kerja sama Kodam V/Brawijaya dengan Harian Disway untuk menyeleksi babinsa se-Jawa Timur.

Nama lain yang akan dikirim dari Gresik adalah Serma Rudianto. Bintara senior ini adalah Babinsa di Desa Petiken, Driyorejo, Gresik. Personel TNI-AD ini malah menorehkan dua prestasi di ajang serupa. Finalis Babinsa Awards dan Juara Kategori Partisipasi Masyarakat Patriot Jawi Wetan 2023. Desa Petiken, Driyorejo, tahun lalu gagal meraih juara dan menorehkan prestasi di bidang pemenang kategori.


Rapat koordinasi pantia seleksi tingkat daerah Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 di Gresik.-Binmas Gresik-

Kesiapan Gresik memang selangkah lebih maju. Ini diakui oleh ketua tim penjurian lapangan APJW II 2024 wilayah Gresik Iptu Ali Fauzi. Fauzi yang juga menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Gresik ini mengatakan banyak kisi-kisi yang bisa dipelajari dari para juara itu. Termasuk apa saja penjurian di lapangan.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Pamekasan dengan Banyak Kejutan

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Seleksi di Sumenep Melelahkan

Hal yang sama juga dirasakan tim juri penilaian lapangan yang lain. Yaitu Letda Dabis Koko dari Kodim Gresik, Aiptu Saiful Bahri dan Aiptu Sidik dari Polres Gresik, dan Abu Hasan dari Pemkab Gresik. “Selain itu kita jadi tahu dan melihat langsung kegiatan tiga pilar yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa/kelurahan. Ternyata masyarakat Gresik sangat antusias mengikuti lomba APJW II dan berharap menjadi yang terbaik,” terang Fauzi.

Punya dan mengirim kembali para juara ini melegakan forkopimda Gresik. Mereka adalah Kapolres Gresik AKBP Arif Kurniawan, Dandim Gresik Letkol (Inf) Ahmad Saleh Rahanar, dan Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani. Ini karena Forkopimda lah yang membentuk tim juri penilaian lapangan APJW II.

Selanjutnya, lima tim tiga pilar tingkat desa/kelurahan dari Kabupaten Gresik ini akan dikirim untuk seleksi tingkat lanjut. Seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 tingkat provinsi. Mereka akan diseleksi lagi untuk ditandingkan dengan lima tim dari setiap kota/kabupatan di Jawa Timur.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Medan Ponorogo yang Berliku dan Menanjak

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Kabupaten Madiun Siap Kirim 5 Tim Desa/Kelurahan Terbaik

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 ini adalah kegiatan kedua hasil kerja bareng tiga lembaga tingkat provinsi dan Harian Disway. Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim. Pemberian penghargaan atas pengabdian tiga pilar tingkat desa/kelurahan ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT TNI, dan HUT Pemprov Jatim. Sebagai aksi nyata pengabdian pada masyarakat oleh tiga pilar. Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

Sedang untuk penjurian tingkat lanjut akan diseleksi oleh dua akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) serta dari Harian Disway. Seleksi online digelar untuk menyeleksi perwakilan lima tim tiga pilar dari tiap kota/kabupaten. Mereka kemudian akan disaring menjadi 20 besar tiga pilar desa/kelurahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: