Realisasikan Kerja Sama dengan Minhaj Welfare Foundation, ISNU Jatim Kirim Ulama Muda ke Inggris

Selasa 06-08-2024,20:21 WIB
Reporter : Visa
Editor : Tomy Gutomo

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur tak pernah berhenti berinovasi. Kali ini organisasi yang dipimpin Prof HM Mas'ud Said itu berkolaborasi dengan Minhaj Welfare Foundation dari Inggris. Kerja sama berupa pertukaran ulama muda yang diawali dengan pengiriman ulama muda ke Inggris pada November 2024.

Rencana pengiriman ulama muda dari Jatim ke Inggris itu didiskusikan oleh Ketua PW ISNU Jatim Prof HM Mas’ud Said MM PhD bersama Direktur Operasional Minhaj Welfare Foundation Inggris Adnan Sohail, PhD di RUang Rapar Rua Gedung Rektorat Kampus C Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Selasa.

BACA JUGA:ISNU Dorong Semua Kampus NU Raih Akreditasi Unggul Dalam Dua Tahun

BACA JUGA:Eks Sekjen PKB Lukman Dilaporkan ke Polda Jatim

Dalam diskusi yang juga diikuti Wakil Rektor Bidang Akademik, Mahasiswa, dan Alumni Unair Prof Dr Bambang Sektiari Lukiswanto DEA DVM itu, Adnan Sohail menilai Indonesia merupakan negara penting karena memiliki penduduk mayoritas Islam terbesar di dunia.

"Apalagi, di sini ada NU yang mengedepankan akhlak, sehingga Islam di sini mencerminkan ajaran yang rahmatan lil alamin, tidak seperti Islam di Barat yang jadi phobia, sehingga kerja sama ini juga akan mengembangkan Islam yang rahmatan lil alamin di Barat," katanya.


Diskusi terbatas ISNU Jatim, Minhaj Welfare Foundation, dan Universitas Airlangga di Gedung Rektorat Kampus C Unair, Surabaya.-ISNU Jatim-

Pada 10 Februari 2024, pihak Minhaj Welfare Foundation, Inggris, melakukan kunjungan ke Indonesia dan menandatangani kerja sama pengembangan dakwah, SDM, dan pendidikan dengan ISNU Jatim di Malang.

"Kerja sama itu segera kita realisasikan dengan pertukaran ulama muda. Kalau Jawa Barat sudah mulai, nanti Jatim memulai melakukan pengiriman ulama muda ke Inggris pada November 2024 dan tahun depan," kata Ketua PW ISNU Jatim Prof HM Mas'ud Said.

BACA JUGA:Sebanyak 329 Caleg DPRD Terpilih dari PDI Perjuangan se-Jatim Ikuti Pembekalan

BACA JUGA:Kejari Surabaya Resmi Daftarkan Kasasi Vonis Bebas Ronald Tannur

Minhaj Welfare Foundation merupakan yayasan yang berdiri di Inggris sejak tahun 1981 dan kini sudah memiliki 90 cabang di dunia. Minhaj Welfare Foundation mempunyai universitas, lembaga pengelolaan zakat, masjid, dan berbagai kegiatan sosial, seperti beasiswa dan sumbangan. 

Selain kerja sama di bidang dakwah dan pendidikan, Minhaj Welfare Foundation juga siap menyiapkan kantor untuk ISNU cabang istimewa di Inggris.

Setahun lalu, Minhaj Welfare Foundation Inggris juga sudah mengundang Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim 2019-2024) untuk menerima penghargaan sebagai perempuan Muslim yang inspiratif. (*)

Kategori :