Kegigihan Veddriq Leonardo Berbuah Emas Olimpiade Paris, Berlatih di Tengah Kabut Asap Kalimantan

Kamis 08-08-2024,19:07 WIB
Reporter : Ragil Putri Irmalia
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Indonesia Raya berkumandang di Paris, Prancis, untuk kali pertama sejak 26 Juli 2024. Veddriq Leonardo meraih emas perdana untuk Indonesia. Perjuangannya lolos hingga memenangkan Olimpiade Paris 2024 sungguh penuh tantangan.

Ibunda Veddriq Leonardo, Rosita, menjadi saksi perjuangan putranya meraih prestasi tertinggi. Kepada Humas FPTI, Rosita menuturkan bahwa putranya merupakan sosok yang kokoh dan teguh pendirian sejak kecil.

"Sejak kecil, Veddriq itu gigih banget. Kalai ia bilang A, maka harus A," kenang Rosita. "Setiap hari, bahkan saat kebakaran hutan di Kalimantan, ia tetap berlatih di bawah kabut asap," ungkap dia.

BACA JUGA:Akhirnya! Veddriq Leonardo Rebut Emas Pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Hal itu terbukti dengan kegigihan Veddriq Leonardo mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024. Sebagai pemegang rekor World Games 2022 dan tiga seri World Cup 2021 sampai 2023, ia seharusnya lolos dengan mudah.


Veddriq Leonardo rebut emas pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024.-Jonathan Nackstrand-AFP

Namun faktanya tidak semudah itu. Ia bahkan harus melalui tiga kali fase untuk bisa lolos. Dan setiap kali gagal, tak sekalipun climber kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat, 11 Maret 1997 itu tidak menyerah. Ia terus mencoba hingga kesempatan terakhir.

Kesempatan pertama Veddriq di Kejuaraan Dunia 2023 pupus. Ia gagal menjadi juara dunia. Dalam Kejuaraan Dunia 2023 di Bern, Swiss itu, Veddriq tersingkir di babak 16 besar. Ia kalah dari Erik Noya Cardona.

BACA JUGA:Drama Panjat Tebing Olimpiade: Veddriq Bersinar, Rahmad Tersingkir!

BACA JUGA:Olimpiade Paris 2024: Rahmat Adi False Start, Veddriq Satu-satunya Wakil di Perempat Final

Peluang berikutnya di Asian Qualifiers 2023. Veddriq gagal lagi. Langkahnya terhenti di perempat final. Veddriq Leonardo kalah bersaing dengan Rahmat Adi Mulyono, rekan senegaranya sendiri.

Adi menjadi juara dan berhak atas tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Veddriq memang diharapkan untuk lolos Olimpiade. Sebab, ia menjadi climber nomor satu dan sempat beberapa kali memecahkan rekor dunia.


Veddriq Leonardo rebut emas pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Foto: Ekspresi Veddriq ketika menang atas Wu Peng di final, 8 Agustus 2024. -Jonathan Nackstrand-AFP

Ia bahkan menjadi climber pertama di dunia yang meraih waktu di bawah 5 detik. Rekor itu tercipta di Seoul, Korea Selatan pada 2023 dengan waktu 4,9 detik.

Kategori :